Mengenal Infeksi Aliran Darah: Penyebab dan Gejalanya

Ilustrasi orang sakit
Ilustrasi orang sakit | ist

FORUM KEADILAN – Berdasarkan berbagai sumber, infeksi aliran darah terjadi saat sistem kekebalan tubuh merespons infeksi dengan melepaskan zat kimia yang memicu peradangan di seluruh tubuh.

Infeksi aliran darah ialah kondisi di mana bakteri virus atau jamur masuk ke dalam aliran darah dan menyebar ke seluruh tubuh.

Bacaan Lainnya

Infeksi aliran darah dapat menyebabkan kerusakan organ hingga menyebabkan kematian jika tidak diobati dengan tepat dan segera.

Penyebab Infeksi Darah

Infeksi aliran darah paling sering disebabkan beberapa jenis bakteri seperti staphylococcus aureus, escherichia coli, klebsiella pneumoniae, pseudomonas aeruginosa, dan enterococcus faecalis.

Selain itu infeksi aliran darah bisa juga disebabkan karena infeksi jamur, misalnya jamur dari golongan Candida.

Jika dibagi menurut sumbernya, infeksi aliran darah bisa dibagi menjadi dua jenis, yaitu infeksi darah primer dan sekunder.

Infeksi aliran darah primer, yaitu sumber infeksi berada pada aliran darah di dalam pembuluh darah. Sementara infeksi aliran darah sekunder berasal dari organ atau jaringan lain yang menyebar ke aliran darah.

Obat yang digunakan untuk mengobati infeksi aliran darah antara lain antibiotik yang diberikan melalui suntikan untuk mengatasi bakteri penyebab infeksi, serta obat untuk meredakan demam dan nyeri, seperti paracetamol, dan obat-obatan vasoaktif untuk meningkatkan tekanan darah.

Gejala Infeksi Darah

Melansir Healthline, gejala infeksi aliran darah hampir serupa dengan gejala septikemia, di antaranya:

  1. Demam disertai rasa menggigil
  2. Bernapas sangat cepat
  3. Jantung berdebar sangat cepat
  4. Panas dingin
  5. Berkeringat
  6. Tubuh merasa lelah dan lemas

Sementara jika infeksi akibat bakteri dari pemasangan kateter, maka terjadi pembengkakan atau keluar nanah pada titik insersi.

Pada kasus yang parah, infeksi aliran darah bisa menyebabkan kebingungan atau ketidakmampuan untuk berpikir jernih.*