Ganjar: Kesehatan Jadi Prioritas dalam Membangun Bangsa

Ganjar Pranowo menyampaikan visi-misinya di Debat Kelima Pilpres 2024 di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Minggu 4/2/2024. | Youtube KPU RI
Ganjar Pranowo menyampaikan visi-misinya di Debat Kelima Pilpres 2024 di JCC Senayan, Jakarta Pusat, Minggu 4/2/2024. | Youtube KPU RI

FORUM KEADILAN – Calon presiden (capres) nomor urut 03, Ganjar Pranowo menyebut, kesehatan jadi prioritas untuk membangun Indonesia menuju bangsa yang beradab.

Hal itu ia sampaikan dalam visi-misinya pada Debat Kelima Pilpres 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta Pusat, Minggu 4/2/2024.

Bacaan Lainnya

Ganjar menjelaskan, akses kesehatan di setiap desa di Indonesia sangat diperlukan. Untuk itu, ia mencanangkan program satu desa satu fasilitas kesehatan (faskes).

“Kami ingin membuat satu desa, satu fasiltas kesehatan, dan 1 tenaga kesehatan (nakes). Karena kami ingin mereka mendapatkan yang terbaik. Kemudian, ibu, anak, lansia, disabilitas akan mendapatkan peran yang sama dalam mendapatkan layanan kesehatan,” ucap Ganjar.

Kalau itu semua sudah baik, menurutnya, pendidikan dan kebudayaan bisa dibangun bersama-sama.

“Akses pendidikan yang baik, lebih inklusif, kurikulum yang mantap, dan fasilitas yang diberikan harus bisa memberikan akses terbaik untuk anak didik kita, terutama guru dan dosen,” tuturnya.

Ia pun juga memberikan cerita dari seorang perempuan di Yogyakarta bernama Kalis yang menyarankan untuk lebih perhatian kepada kaum perempuan dan juga kelompok disabilitas. Supaya tidak ada perlakuan diskriminatif di Indonesia.

“Setelah itu, kemudian baru pekerjaan. Keterampilan yang didapat dari pendidikan yang baik, dapat merespons lapangan kerja yang terbuka dan upah buruh yang baik,” katanya.

Ganjar juga menegaskan bahwa pembangunan harus berorientasi pada budi pekerti yang baik, sopan dan juga toleran. Sehingga, masyarakat menjadi manusia yang lengkap.

Diketahui, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan menggelar Debat Kelima Pilpres 2024. Dalam acara tersebut, Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo akan membahas tema ‘Kesejahteraan Sosial, Kebudayaan, Pendidikan, Teknologi Informasi, Kesehatan, Ketenagakerjaan, Sumber Daya Manusia, dan Inklusi.’*

Laporan Syahrul Baihaqi