TrueClimate Tawarkan Solusi Emisi Karbon Produksi

CEO TruClimate Debby Reynata dalam Podcast Forum Karbon Forum Keadilan, Kamis 29/2/2024. I Ari Kurniansyah/Forum Keadilan
CEO TruClimate Debby Reynata dalam Podcast Forum Karbon Forum Keadilan, Kamis 29/2/2024. I Ari Kurniansyah/Forum Keadilan

FORUM KEADILAN – TrueClimate menawarkan solusi untuk pelaku bisnis dalam mengurangi emisi karbon akibat proses produksi. Start-up teknologi di bidang iklim ini juga siap melaporkan pengurangan emisi melalui TruCount dan TruCarbon.

Hal itu disampaikan langsung oleh CEO TruClimate Debby Reynata dalam Podcast Forum Karbon Forum Keadilan.

Bacaan Lainnya

Debby menjelaskan bahwa dengan adanya TruCount dan TruCarbon, pelaku bisnis bisa memonitor emisi gas rumah kaca (GRK).

“Jadi kami ingin membantu perusahaan-perusahaan, terutama korporasi di Indonesia, untuk bertransisi ke Net Zero. Pertama, kami membantu menghitung dan memonitor emisi melalui TruCount. Setelah mendapatkan data tersebut, pelaku bisnis pun bisa berpartisipasi dalam proyek karbon melalui TruCarbon,” ujarnya dalam Podcast Forum Karbon, Kamis 29/2/2024.

Perpaduan solusi ini, kata Debby menghasilkan TruClimate bagi semua pelaku bisnis yang ingin berkontribusi memperbaiki perubahan iklim.

Debby mengatakan, pihaknya sudah memiliki teknologi dan platform untuk menghitung emisi. Tentu dalam mengukur kalkulasi hitungannya dapat dipertanggungjawabkan.

Debby menjelaskan, pihaknya bekerja pada di dua sisi, untuk menghitung emisi serta melakukan pengembangan proyek karbon.

“Kami membantu perusahaan untuk mengubah konsesi mereka menjadi Red Plus atau accounting rate of return (ARR) karbon, untuk membantu memasok karbon kredit kepada perusahaan-perusahaan yang benar-benar perlu melakukan itu,” imbuhnya.

Debby berharap, perkembangan pasar karbon bisa lebih cepat meningkat, agar mampu bersaing dengan pasar internasional.*

Laporan Ari Kurniansyah