Gibran Siap Jalani Format Baru Debat Capres-Cawapres

Bakal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka tiba di Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 25/10/2023.
Bakal calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) Koalisi Indonesia Maju Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka tiba di Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu, 25/10/2023 | Charlie Adolf Lumban Tobing/Forum Keadilan

FORUM KEADILANGibran Rakabuming Raka mengaku siap menjalani format baru debat calon presiden dan calon wakil presiden (capres-cawapres) yang akan diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Ya, sudah disiapkan,” ujar Gibran di lokasi Car Free Day (CFD), Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu 3/12/2023.

Bacaan Lainnya

Ia mengungkapkan, dirinya telah melakukan persiapan yang matang salah satunya berkonsultasi dengan para akademisi.

“Sudah dipersiapkan. Sudah ada (konsultasi dengan akademisi),” lanjutnya.

Seperti yang diketahui, format debat capres-cawapres Pilpres 2024 akan berbeda dengan Pilpres 2019.

Pada Pilpres 2019, alurnya, 2 kali khusus capres, 1 kali khusus cawapres, dan 2 kali debat dengan komposisi bersamaan capres-cawapres. Tetapi pada 2024, KPU berencana akan menghadirkan secara bersamaan capres-cawapres dalam 5 kali gelaran debat.

Ketua KPU Hasyim Asy’ari mengatakan ketentuan tersebut agar pemilih dapat melihat sejauh mana team work pada masing-masing capres-cawapres.

“Sehingga kemudian supaya publik makin yakin lah team work (kerja sama) antara capres dan cawapres dalam penampilan di debat,” ujar Hasyim, Kamis, 30/11.*