Nawawi Akui Kasus Firli Bahuri Jadi Citra Buruk pada KPK

Ketua KPK Nawawi Pomolango di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 11/6/2024 | M. Hafid/Forum Keadilan
Ketua KPK Nawawi Pomolango di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa, 11/6/2024 | M. Hafid/Forum Keadilan

FORUM KEADILAN – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Nawawi Pomolango tak menepis soal citra buruk yang melekat pada KPK saat ini.

Menurutnya, ada beberapa hal yang menjadi penyebab citra buruk tersebut dan salah satunya adalah kasus mantan Ketua KPK Firli Bahuri.

Bacaan Lainnya

“Kami sangat memahami keterpurukan citra lembaga seperti ini karena ada beberapa yang melatarbelakanginya, misalnya case-nya ketua terdahulu,” ujar Nawawi di rapat kerja dengan Komisi III DPR di Jakarta, Senin, 1/7/2024.

Nawawi mengatakan bahwa persoalan yang dihadapi oleh Ketua KPK sebelumnya bahkan belum selesai. Lalu, ia menyinggung berkas perkara kasus tersebut yang bolak-balik dari Polda Metro ke Kejaksaan Agung.

Ia sendiri memang tak menyebutkan nama Firli. Tetapi, saat ini diketahui mantan Ketua KPK yang saat ini masih menjalani proses hukum di Polda Metro yaitu Firli Bahuri.

“Persoalan yang dihadapi ketua terdahulu itu sampai sekarang tidak clear, berkas perkaranya bolak-balik pada tingkat Kepolisian Daerah Metro dan Kejaksaan Tinggi DKI,” tuturnya.

Di samping itu, Nawawi juga menyinggung soal kasus pungutan liar di rumah tahanan KPK yang juga memperburuk citra KPK. Dalam kasus itu, KPK sudah menjatuhkan sanksi etik dan pemberhentian.

“Yang berikutnya barangkali soal rutan KPK menambah buruk citranya. Kami sudah melakukan segala bentuk tindakan hukuman etik, hukuman disiplinnya, kami berhentikan keseluruhan,” tandasnya.*