AHY Ungkap Program Makan Siang Gratis Dibahas di Sidang Kabinet Jokowi

Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengikuti sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin, 26/2/2024 | Instagram @agusyudhoyono
Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengikuti sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta, Senin, 26/2/2024 | Instagram @agusyudhoyono

FORUM KEADILAN – Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengikuti sidang kabinet paripurna di Istana Negara, Jakarta, untuk pertama kali. AHY mengungkapkan bahwa program makan siang juga dibahas.

“Ada (dibahas), saya lihat sepintas karena waktunya cukup singkat, tidak dibahas secara detail,” jawab AHY saat diberikan pertanyaan dari awak media apakah program makan siang gratis juga dibahas atau tidak di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin, 26/2/2024.

Bacaan Lainnya

AHY mengatakan bahwa program makan siang gratis harus dihitung betul-betul. Dikarenakan program itu membutuhkan dana yang besar.

“Itu tentu harus dihitung secara seksama sehingga bisa di-deliver dengan baik, karena sekali lagi kalau tidak salah 83 juta (orang) yang akan diberikan makan siang gratis dan susu gratis itu tentu secara nominal cukup besar, bukan cukup, besar, besar,” lanjut AHY.

AHY menjelaskan program unggulan capres Prabowo Subianto tersebut tidak hanya bertujuan untuk memperbaiki kelaparan dan gizi buruk. Tetapi juga agar dapat meningkatkan ekonomi masyarakat.

“Program makan siang gratis termasuk susu tujuannya untuk menggerakkan ekonomi karena ada demand yang besar, akan ada permintaan terhadap bahan pokok pangan yang besar, karena bisa dibayangkan satu anak saja beras, nasi, lauk, sayur, buah, susu kalikan 83 juta jadi akan terjadi perputaran ekonomi di tingkat, daerah di tingkat lokal dan UMKM lokal kita tumbuh,” jelas AHY.

Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia juga mengungkapkan hal yang serupa bahwa program makan siang gratis dibahas di sidang kabinet.

“Tadi membahas program-program pak Prabowo termasuk di dalamnya adalah makan siang tahap awal,” tutur Bahlil.*