Viral Pakta Integritas PJ Bupati Sorong, Komisi III Enggan Menanggapi

Dokumen yang diduga sebagai Pakta Integritas Pj Bupati Sorong I Ist
Dokumen yang diduga sebagai Pakta Integritas Pj Bupati Sorong I Ist

FORUM KEADILAN – Anggota Komisi III DPR RI Fraksi Demokrat Benny Kabur Harman mengaku belum mengetahui ihwal adanya temuan dugaan Pakta Integritas Pj Bupati Sorong untuk memenangkan Ganjar Pranowo. Padahal, akun X Benny K Harman sempat membuat cuitan dan menanyakan kebenaran akan beredarnya dokumen pakta integritas tersebut.

“Belum tahu ada temuan begitu,” kata Benny kepada Forum Keadilan, Jumat 17/11/2023.

Bacaan Lainnya

Benny mengatakan, dirinya belum bisa berpendapat, karena belum ada kepastian akan kebenaran dari kabar temuan itu.

“Belum bisa berpendapat untuk peristiwa atau kejadian yang masih dibayangkan (dugaan terjadi),” ucapnya.

Saat ditanya langkah apa yang akan diambil oleh Komisi III sebagai lembaga yang membidani bidang hukum, keamanan, dan HAM, dia juga mengaku tak tahu.

“Belum tahu,” ujarnya.

Sebelumnya, beredar dokumen pakta integritas milik tersangka dugaan tindak pidana korupsi Pj Bupati Sorong Yan Piet Mosso dengan Kepala Badan Intelijen Negara atau BIN Daerah Papua Barat Brigjen TNI TSP. Silaban.

Dalam pakta integritas itu, Yan Piet Mosso akan mencari dukungan dan memberikan kontribusi suara minimal sebesar 60%+1 untuk kemenangan Ganjar Pranowo di Kabupaten Sorong pada Pilpres 2024.

Akun X Benny K Harman pun mempertanyakan kebenaran dan implikasi dari dokumen tersebut.

“Halo Republik. Apakah benar dokumen Pakta Integritas ini? Apakah benar pula orang ini yang kena OTT KPK itu?” tulis Benny K Harman melalui akun X, pada Senin, (13/11/23).

Selain pakta integritas, beredar juga video dugaan percakapan ASN Pemkot Boyolali yang menyebut adanya intsruksi untuk memenangkan salah satu pasangan calon (paslon).

PDIP sebagai partai pengusung Ganjar, dan Pemerintah Kota (Pemkot) Boyolali sendiri sudah membantah tudingan dalam video tersebut.

Laporan M. Hafid