2.411 Aparat Gabungan Dikerahkan Jaga KPU Saat Pendaftaran Capres-Cawapres

KPU RI | Ist
Gedung KPU RI | Ist

FORUM KEADILAN – Pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD akan mendaftarkan diri sebagai capres-cawapres di KPU pada Kamis, 19/10/2023.

Menghadapi antusias pendukung dua calon, kepolisian telah menyiapkan tiga zona pengamanan.

Bacaan Lainnya

Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Susatyo Purnomo Condro mengatakan ada 2.411 personel aparat gabungan dikerahkan.

Terdiri dari personel Polda Metro Jaya, Polres Metro Jakarta Pusat dan di back up oleh TNI serta unsur terkait dari Pemprov DKI Jakarta.

“Pengerahan pasukan ini terbagi menjadi tiga zona dengan 13 sektor pengamanan yang terfokus pada rute perjalanan bacapres/bacawapres,” kata Susatyo dalam keterangannya.

Kata Susatyo, pihaknya juga menyiapkan pasukan mobile yang bertugas untuk segera bertindak apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Ditlantas Polda Metro Jaya bahkan telah menyiapkan personel untuk mengatur arus lalu lintas jika terjadi kemacetan. Baik di sepanjang rute maupun di sekitar Gedung KPU.

“Ditlantas Polda Metro Jaya akan memberlakukan sistem buka tutup dan pengalihan arus pada ruas jalan yang mengalami stagnasi dikarenakan oleh banyaknya simpatisan dari masing-masing bacapres/bacawapres yang hari ini mendaftarkan diri di KPU,” tutur dia.

Lebih lanjut, Susatyo turut mengimbau kepada masyarakat untuk bersikap dewasa dan berpolitik dan berdemokrasi. Khususnya, pada gelaran Pemilu 2024 ini.

“Beda pilihan adalah hal yang wajar dalam iklim berdemokrasi. Mari, jaga persatuan dan kesatuan bangsa demi utuhnya NKRI,” pungkasnya.*