Jokowi Tunjuk Erick Thohir Jadi Menko Marves Ad Interim Gantikan Luhut Sementara

Ketua Umum PSSI Erick Thohir mengumumkan harga tiket FIFA Matchday Indonesia vs Argentina yang akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senin 19 Juni 2023 | Photo by ANTVKlik.com

FORUM KEADILAN – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menunjuk Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Ad Interim, menggantikan sementara Luhut Binsar Pandjaitan yang sedang menjalani perawatan kesehatan.

“Karena saat ini Pak LBP, Menko Marves, sedang menjalani perawatan kesehatan, maka Presiden Jokowi telah menunjuk Bapak Erick Thohir, Menteri BUMN, sebagai Menko Marves Ad Interim,” kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana melalui pesan singkat, dikutip, Kamis, 12/10/2023.

Bacaan Lainnya

Kabar Luhut yang sedang sakit awalnya terkonfirmasi oleh Jubir Kemenko Marves Jodi Mahardi pada Jumat, 6/10. Saat itu Luhut disebut masih dirawat di Jakarta.

Luhut Ungkap Kondisi Kesehatannya

Pada Selasa, 10/10, Luhut mengungkapkan kondisi kesehatannya melalui akun Instagramnya. Luhut mengaku memang sempat sakit hingga dirawat di rumah sakit.

“Beberapa hari yang lalu setelah menghadiri suatu kegiatan, tiba-tiba saya merasa kelelahan yang amat luar biasa. Rasa lelah ini tak seperti yang biasa saya rasakan selepas bekerja. Melihat kondisi suaminya yang tidak wajar tersebut, istri saya kemudian berinisiatif membawa saya ke salah satu Rumah Sakit di Jakarta untuk tindakan preventif lebih lanjut,” tulis Luhut di Instagram pribadinya.

Ketika dalam perawatan, Luhut mengaku diharuskan beristirahat total. Bahkan, ia tak diperbolehkan untuk sekadar mengecek kabar dan berita terkini yang rutin dilakukannya setiap pagi.

“Dengan kondisi yang seperti itu, praktis selama beberapa hari saya tidak diizinkan oleh tim dokter untuk beraktivitas seperti biasa. Bahkan untuk sekedar mengecek kabar dan berita terkini yang rutin saya lakukan setiap pagi, saya tak diperbolehkan oleh istri. ‘Istirahat dan dengarkan tubuhmu dahulu, Pa’,” ucapnya saat itu.,” ungkap Luhut.

Luhut juga mengungkap bahwa dirinya sempat terbang ke Singapura untuk menjalani perawatan lebih lanjut. Langkah ini merupakan rekomendasi dari Senior Minister Singapura, Teo Chee Hean.

Setelah dirawat di Rumah Sakit di Jakarta dan dibawa ke Singapura, Luhut mengungkapkan bahwa kondisinya perlahan membaik. Ia bersyukur kepada Tuhan atas apa yang menimpanya.

“Begitu banyak cinta yang datang kepada saya dalam bentuk perhatian dan doa bahkan di saat saya sakit. Karena itu, saya ingin menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya terkhusus kepada Presiden @jokowi yang sudah memberikan tim dokter kepresidenan beserta perawat untuk merawat saya hingga sampai pada kondisi yang telah membaik saat ini,” ungkap Luhut.

“Di saat-saat seperti ini, dukungan dan doa yang diberikan oleh keluarga, teman-teman, serta seluruh masyarakat Indonesia adalah kekuatan yang mendorong saya untuk tetap semangat agar pulih kembali,” sambungnya.

Luhut berterima kasih atas dukungan dan doa yang diberikan oleh keluarga, teman, serta seluruh masyarakat Indonesia.

“Thank you for all the love and support that you have given to me. Karena sebagai makhluk lemah, saya hanya mampu berusaha dan berdoa, biarlah Tuhan YME yang membalas niat, doa, dan perbuatan baik anda semua,” tutup Luhut.*