Tangan Terbuka PPP Sambut AHY

Achmad Baidowi, Ketua DPP PPP sekaligus Juru Bicara dari PPP
Achmad Baidowi, Ketua DPP PPP sekaligus Juru Bicara dari PPP | Ist

FORUM KEADILAN –  Wakil Sekretaris Jenderal Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Ahmad Baidowi menyambut baik soal pertemuan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dengan Puan Maharani.

Katanya, pertemuan tersebut akan memberikan manfaat terhadap perkembangan politik di Indonesia.

Bacaan Lainnya

“Soal pertemuan AHY dan Puan Maharani itu bagus-bagus saja untuk kesehatan demokrasi kita. Demokrasi kita itu biar lebih sehat kalau pihak-pihaknya saling ketemu satu sama lain,” kata Baidowi kepada Forum Keadilan, Senin 12/6/2023.

Ia mengatakan, terkait isu PDIP yang ingin menggaet Demokrat bergabung ke koalisi Ganjar, Ahmad menyatakan sah-sah saja.

“Ya kalau mau bergabung silakan saja, kami terbuka. Terbuka dengan siapapun yang ingin bergabung dengan pak Ganjar,” sambungnya.

Saat ditanya soal banyak pihak yang seperti ingin menjegal Anies Baswedan, Ahmad Baidowi menyebut tidak ada urusan soal koalisi dengan jegal-menjegal.

Gak ada urusannya itu jegal-menjegal. Koalisi partai pengusungan capres itu murni hak politik parpol. Namanya berbeda, perubahan haluan koalisi itu biasa saja bukan jegal-menjegal,” ujarnya.

“Di Pilkada pun seperti itu, kan koalisi politik itu kan tarik-menarik terus tawar-menawar posisi dan seterusnya. Kalau tidak deal dengan koalisi yang lain berpindah koalisi bukan berarti penjegalan,” katanya.

Ketua Bidang Polhukam DPP PKS Al Muzammil Yusuf, bahkan menyebut bukan hanya bertemu, PDIP juga menawarkan kerjasama dengan Demokrat.

Namun PKS menurutnya tetap konsisten dalam memperjuangkan Calon Presiden (Capres) Anies Rasyid Baswedan sesuai amanat Majelis Syuro PKS.

“PKS memiliki komitmen yang kuat terhadap Anies Rasyid Baswedan sebagai Capres Koalisi Perubahan,” katanya kepada Forum Keadilan, Senin, 12/6/23.

Diakuinya hingga saat ini, mitra koalisi PKS, yaitu Partai Nasdem dan Partai Demokrat, juga tetap komitmen terhadap hal tersebut.

Dialog terkait Calon Wakil Presiden (Cawapres) Anies Rasyid Baswedan masih terus berlangsung, dan telah menjadi kesepakatan bersama koalisi untuk memberikan keputusan kepada Anies Rasyid Baswedan dalam menyeleksi usulan-usulan nama Calon Wakil Presiden yang diajukan oleh tiga partai tersebut.

Al Muzammil Yusuf juga menjelaskan bahwa pembukaan komunikasi antara tiga partai koalisi dengan berbagai partai politik dan tokoh di luar koalisi merupakan hal yang biasa.*