Kriteria Cawapres Anies, Sekjen PKS: Kuat Iman, Popularitas dan Kuat Isi Tasnya

Sekjen PKS Aboe Bakar Al-Habsyi | dok. PKS
Sekjen PKS Aboe Bakar Al-Habsyi | dok. PKS

FORUM KEADILAN – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Habib Aboe Bakar Alhabsy memberi saran ihwal kriteria calon wakil presiden (Cawapres) yang akan mendampingi Calon Presiden (Capres) Anies Baswedan di pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Menurut Aboe Bakar, sosok yang cocok mendampingi Anies Baswedan di Pilpres 2024 nanti harus memiliki kedekatan emosional dengan Anies, dan bisa membawa kemenangan di Pilpres.

Bacaan Lainnya

“Cari yang chemistry pas dan bisa mengajak Anies jadi menang. Saran saya yang kuat pikirannya, kuat hatinya, kuat imannya, kuat popularitasnya dan kuat isi tasnya,” kata Habib Aboe kepada awak media, usai kegiatan Milad PKS ke-21 di Graha Wana Bhakti Yasa, Umbulharjo, Jogyakarta, Kamis, 18/5/2023.

Menurut Aboe, pihaknya sudah mengantongi beberapa nama Cawapres untuk Anies. Kendati, saat ini pihaknya masih melihat peta politik sebelum mengumumkannya ke publik.

Dia menginginkan Capres lain yakni Ganjar Pranowo maupun Prabowo Subianto agar segera mengumumkan pendampingnya untuk Pilpres 2024.

“Kita berharap cepet-cepat lah tuh yang di sana, misal Ganjar sudah ada wakilnya, Prabowo ada wakilnya, nah, lebih enak kita. Biar bisa menentukan jalan arah,” ujarnya.

Aboe bilang, situasi politik saat ini agak menarik. Sebab, menurut Aboe, Presiden RI Joko Widodo dinilai terlalu jauh terlibat dalam persiapan Pilpres 2024. Namun, ia berpesan kepada parpol anggota Koalisi Perubahan untuk tetap solid dan terus berkomunikasi agar fokus pada target kemenangan.

“Situasi politk sekarang agak menarik. Karena yang semestinya harus turun (lengser) dia masih sibuk memikirkan, jadi wajar lah kami berkolaborasi kerjasama saling memberi informasi dan bertahan,” ungkapnya.

Sementara itu, Capres Anies Baswedan menegaskan para anggota Koalisi Perubahan sejauh ini masih kompak dan solid. Meskipun, diakui Anies, ada sejumlah oknum yang berusaha menjagal laju koalisinya.

“Kami akan jalan terus, jadi kami sampaikan koalisi dalam posisi solid, semua akan berjalan sesuai rencana tidak ada perubahan dan tidak ada perlambatan,” terang mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Ihwal sosok yang akan mendampinginya di Pilpres 2024, Anies menegaskan, pada saatnya akan diumumkan ke publik. Anies juga enggan menyebut berapa jumlah nama yang sedang dipertimbangkan.

“Kalau saya bilang satu gimana? Nanti aja lah, hari ini belum bisa diumumkan,” katanya.

Anies lantas membeberkan beberapa kriteria Cawapres pendampingnya untuk Pilpres 2024.

“Satu, memiliki misi pada kemenangan. Dua, bisa bekerja sama dalam pemerintahan dengan baik. Dan ketiga, dia bisa bekerja sebagai satu kesatuan. Empat, punya visi yang sama sehingga kiblatnya searah selangkah. Itu kira-kira,” tukas Anies. *