Ladang Prostitusi di Hunian Dp Nol Rupiah

Potret rumah DP Rp0 di Menara Samawa, Pondok Kelapa, Jakarta Timur | Merinda Faradianti/Forum Keadilan
Potret rumah DP Rp0 di Menara Samawa, Pondok Kelapa, Jakarta Timur | Merinda Faradianti/Forum Keadilan

FORUM KEADILAN – Desas-desus soal penyewaan indekos di hunian rumah DP Rp0 atau Apartemen Menara Samawa, Pondok Kelapa, Jakarta Timur, santer terdengar sejak lama.

Penduduk di sekitar apartemen bahkan mengungkap fakta lebih mencengangkan, yakni praktik prostitusi di hunian tersebut.

Bacaan Lainnya

GZ (56), salah satu warga masyarakat yang ditemui Forum Keadilan mengaku bahwa Apartemen Menara Samawa sebagai lokasi prostitusi terselubung merupakan rahasia umum yang diketahui masyarakat.

“Masyarakat sini sudah pada ngerti, tapi kan nggak ada yang mau ngurusin juga. Urusan lo urusan lo, urusan gue ya urusan gue,” ucap GZ, Jumat, 23/6/2023.

GZ lebih jauh mengungkap, biasanya pada sore hari hingga malam mobil berpelat nomor luar daerah banyak parkir di depan gerbang masuk apartemen.

Di depan gerbang apartemen menjadi tempat pemberhentian TransJakarta dan angkutan kota (angkot) JakLingko.

“Rame (mobil), ya mungkin di dalam parkirannya penuh. Persisnya ada yang begituan kita nggak tau pasti tapi biasanya kalau kami para sopir ini lagi ngobrol, ‘liat tuh lampu kamar-nya terang banget cantik lagi’,” jelasnya.

Saat ditanya apakah pernah Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta melakukan sidak ke Menara Samawa, GZ mengatakan tidak tahu karena banyak orang yang lalu lalang di sekitar sana.

“Kalau razia nggak ada, mungkin saja di belakang dia kuat jadi bisa lolos,” ujarnya.

Sebelumnya, beredar di media sosial video rekomendasi sewa apartemen murah di Jakarta Timur seharga Rp1 juta per bulan tanpa biaya Iuran Pemeliharaan Lingkungan (IPL) di sebuah bangunan bertingkat di kawasan Pondok Kelapa, Jakarta Timur.

Video ini sempat diunggah di reels Instagram, tetapi kini unggahannya telah dihapus.*

Laporan Merinda Faradianti