TNI Siapkan 4 Batalion Perkuat Brigade Komposit TNI untuk Dikirim ke Gaza

Ilustrasi prajurit TNI
Ilustrasi prajurit TNI | ist

FORUM KEADILAN – TNI tengah menyiapkan prajurit untuk ditempatkan sebagai pasukan perdamaian di Gaza, Palestina, jika mendapatkan mandat dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB).

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto mengungkapkan akan menyiapkan Brigade Komposit yang terdiri dari Batalion Support, Batalion Kesehatan, Batalion Zeni, dan Batalion Perbekalan.

Bacaan Lainnya

“Kita akan membentuk Brigade Komposit. Brigade Komposit itu jumlahnya 1.212 (personel),” ujar Agus di Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Kamis, 6/6/2024.

Agus mengatakan bahwa Batalion Kesehatan mempunyai kemampuan perawatan medis. Lalu Batalyon Zeni mempunyai kemampuan terkait konstruksi, Batalion Perbekalan mampu untuk membuat dapur umum. Batalion Support disiapkan untuk membantu pengamanan bagi personel-personel yang bertugas di Gaza.

Kemudian, TNI juga menyiapkan dua kapal ruamh sakit dalam misi perdamaian tersebut, yakni KRI Rajiman dan KRI Suharso.

“Itu bisa merawat di dalam kapal, dan juga ada unit darurat bisa operasi kelas satu, ada x-ray dan ada UGD,” ucapnya.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Menteri Pertahanan Muhammad Herindra menyebut bahwa pengiriman pasukan masih menunggu mandat dari PBB.

“Tentunya ini masih menunggu proses yang cukup lama, setelah nanti kita ada mandat dari PBB maupun rencana evakuasi korban sipil yang saat ini ada di Gaza, nanti bisa kita kirim RS lapangan maupun kita nanti bisa mengevakuasi korban sipil yang ada di Gaza untuk bawa ke Indonesia,” jelasnya.*