Beredar 4 Nama Bakal Menkeu, Begini Kata Erick Thohir

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir | Instagram @erickthohir
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir | Instagram @erickthohir

FORUM KEADILAN – Laporan Bloomberg menyebutkan, calon presiden (capres) Prabowo Subianto mempertimbangkan sejumlah nama yang berlatar belakang mantan bankir untuk menjadi menteri keuangan (Menkeu).

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir berpendapat, sejumlah nama yang disebutkan itu merupakan figur yang bagus.

Bacaan Lainnya

Keempat nama tersebut ialah Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo, Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Mahendra Siregar, serta Direktur Utama PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) Royke Tumilaar

“Empat-empatnya bagus. Tapi, saya bukan posisinya untuk menilai itu. Pasti ada otoritas yang lebih mengerti,” kata Erick di Indonesia Arena Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu 3/3/2024.

Sementara, Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo yang namanya tercatut, irit bicara saat dimintai keterangannya.

“Belum ada belum ada, terlalu dini, masih terlalu dini,” kata Tiko di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Jakarta Pusat, Senin 4/3.

Sebelumnya diketahui, laporan Bloomberg mengatakan bahwa Prabowo tengah membidik sejumlah nama bakal menteri keuangan.

Dalam laporan itu dijelaskan bahwa Prabowo tidak akan menjadikan menteri keuangan sebagai posisi untuk tawar-menawar politik. Jabatan tersebut berada di atas politik dan dibutuhkan orang yang teliti untuk mengelola anggaran negara.*