KPU Akui KPPS Tidak Bisa Koreksi Data Pilpres Jika Salah di Sirekap

Anggota KPU Betty Epsilon Idroos | Instagram @kpu_ri
Anggota KPU Betty Epsilon Idroos | Instagram @kpu_ri

FORUM KEADILAN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengakui soal petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) yang tidak dapat mengoreksi data Pilpres yang terbaca salah dalam Sirekap dan koreksi di Sirekap hanya bisa dilakukan oleh KPU.

“Untuk perolehan suara Pilpres memang KPPS hanya dapat memberikan konfirmasi sesuatu atau tidak sesuai terhadap hasil pembacaan Sirekap. KPPS untuk presiden dan wakil presiden tidak dapat melakukan koreksi,” kata anggota KPU Betty Epsilon Idroos dalam konferensi pers di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Senin, 19/2/2024.

Bacaan Lainnya

Betty menjelaskan bahwa koreksi data Sirekap Pilpres yang belum sesuai dengan formulir c.hasil dapat dilakukan saat tahapan penghitungan di tingkat KPU kabupaten/kota. Dikarenakan KPU menggunakan teknologi Optical Mark Recognition (OMR) untuk Pilpres.

“Koreksi terhadap data yang tidak sesuai kalau terjadi ketidaksesuaian sistem dapat membacanya, dilakukan KPU kabupaten/kota melalui mekanisme Sirekap web,” katanya

“Ada penanda ketika KPPS menyatakan tidak sesuai, itu terbaca dan akan diperbaiki KPU kabupaten/kota melalui Sirekap web,” lanjutnya.

Di sisi lain, Komisioner KPU RI Idham Holik yang mengatakan untuk Pileg dan KPU menggunakan teknologi Optical Character Recognition (OCR). Idham mengatakan OCR, KPPS dapat langsung melakukan koreksi jika Sirekap salah membaca data.

“Untuk Sirekap Pileg (DPR, DPD, dan DPRD Provinsi serta DPRD Kab/Kota). Teknologi pembacaan ini berbeda dengan OMR, dimana teknologi ini dapat memungkinkan KPPS di lokasi TPS pasca unggah dokumen foto formulir model C hasil melakukan pengeditan atau koreksi terhadap ketidakakuratan atau kesalahan atas hasil pembacaan data dalam foto tersebut,” jelasnya.

“Jika KPPS luput atas ketidakakuratan atau kesalahan atas hasil pembacaan data tersebut, maka operator Sirekap PPK dan KPU dapat mengoreksinya,” sambungnya.*