Poltracking: Elektabilitas Prabowo-Gibran 50,9%, Berpotensi Menang 1 Putaran

Calon presiden dan wakil presiden 2024 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka saat menghadiri Kirab Kebangsaan di Semarang, Jawa Tengah, Minggu, 28/1/2024 | X @gibran_tweet
Calon presiden dan wakil presiden 2024 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka saat menghadiri Kirab Kebangsaan di Semarang, Jawa Tengah, Minggu, 28/1/2024 | X @gibran_tweet

FORUM KEADILAN – Lembaga survei Poltracking merilis hasil survei terbaru elektabilitas para pasangan calon presiden dan wakil presiden (capres-cawapres) di akhir masa kampanye Pemilu 2024.

Survei dilakukan pada 25 Januari-2 Februari 2024, dengan melibatkan 1.220 responden di Indonesia.

Bacaan Lainnya

Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara tatap muka langsung. Populasi survei warga di Indonesia yang sudah memiliki hak pilih berusia lebih dari 17 tahun atau sudah menikah.

Toleransi kesalahan atau Margin of Error (MoE) survei ini adalah +-2,9 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

Dalam survei ini, responden diberi pertanyaan ‘Jika Pilpres dilaksanakan hari ini, siapa yang akan Bapak/Ibu/Saudara pilih di antara pasangan capres-cawapres berikut?’.

Hasilnya, capres-cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka teratas dengan 50,9 persen.

Disusul capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dengan 25,1 persen, dan pasangan calon (paslon) nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD meraih 18,4 persen.

Berikut rincian hasilnya:

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda AR mengatakan, Prabowo-Gibran diprediksi bisa menang satu putaran.

“Kesimpulan yang dapat saya sampaikan posisi terakhir pilpres, kalau pilpres berlangsung dalam satu putaran kemungkinan yang akan menang adalah berdasarkan survei ini cukup konklusif yang akan menang paslon nomor 2 Prabowo-Gibran,” ujar Hanta, Jumat, 9/2/2-24.

Namun, lanjut Hanta, jika Pilpres 2024 berlangsung dua putaran, Anies-Muhaimin lebih berpotensi masuk dibandingkan Ganjar-Mahfud.

“Tapi kalau pilpres berlangsung dalam dua putaran maka Prabowo-Gibran adalah paslon yang paling siap masuk di putaran kedua berhadapan dengan satu kandidat yang akan lolos antara Anies Muhaimin dan Ganjar-Mahfud. Tapi di antara dua itu Anies-Muhaimin relatif lebih berpotensi ketimbang Ganjar-Mahfud meskipun terpaut tidak terlalu jauh,” tambahnya.*