Kata Menparekraf Sandiaga Uno Terkait Kabinet Jokowi

Sandiaga Uno. | ist
Sandiaga Uno. | ist

FORUM KEADILAN – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyebut, pada saat ini kondisi Kabinet Indonesia Maju (KIM) yang dipimpin oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) sangat kondusif.

Menurut Sandiaga, menteri-menteri bisa memisahkan antara tugas negara dengan sikap politik ataupun kegiatan kampanye lainnya.

Bacaan Lainnya

“(Kondisi kabinet) Bagus banget. Kemarin saya baru bertemu dengan (para menteri), karena kita bisa memisahkan tugas ya, jadi saat kita ada di kabinet kita bekerja dan kita memberikan yang terbaik sesuai dengan sumpah yang kita ucapkan untuk memberikan yang terbaik kepada bangsa dan negara,” terang Sandiaga di Cilandak, Jakarta Selatan, Sabtu, 27/1/2024.

“Karena kita adalah pembantu Presiden. Per hari ini, kondisi kabinet sangat kondusif dan solid. Dan jika ada paslon yang mengambil suatu (keputusan), misal seperti Pak Mahfud atau mundur, tentunya akan difasilitasi dengan baik-baik,” sambung Sandiaga.

Ia menegaskan, masa kerja kabinet Presiden Jokowi hanya tinggal sembilan bulan ke depan dan Para menteri tetap bekerja menyelesaikan berbagai tugas pemerintahan.

“Jadi saya melihat, dari pengamatan saya, kabinet terus bekerja, solid di bawah Bapak Presiden. Dan kita berharap, kita tinggal punya sembilan bulan lagi sampai Oktober, kita lakukan kerja-kerja yang konkret yang memberikan manfaat bagi masyarakat,” tegas Sandiaga.

Sebelumnya, kabar akan mundurnya sejumlah menteri ini dilontarkan oleh Ekonom Senior INDEF Faisal Basri. Faisal mengatakan, kurang lebih terdapat 15 menteri dalam Kabinet Indonesia Maju (KIM) yang tengah berencana untuk hengkang meninggalkan Jokowi.

Menteri yang dimaksud termasuk Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono.

Selain dua orang itu, akan ada lima orang menteri yang berasal dari PDIP, lalu Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Bappenas Suharso Monoarfa, dan dua menteri dari PKB.*