Kemenhub Prediksi Penumpang di Pelabuhan Merak Naik 15% Saat Nataru

Penyeberangan di Pelabuhan Merak-Bakauheni kembali dibuka setelah ditutup akibat cuaca. | Ist

FORUM KEADILAN – Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memperkirakan jumlah penumpang di Pelabuhan Merak naik 15 persen saat puncak libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024 dibandingkan tahun lalu.

Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Banten memprediksi puncak kepadatan penyebrangan di Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten akan terjadi pada 22-23 Desember 2023.

Bacaan Lainnya

“Kenaikan 15 persen itu diprediksi di momen Nataru 2023, sekitar 13.447 kendaraan,” kata Kepala BPTD Banten Benny Nurdin Yusuf, Selasa, 19/12/2023.

Benny yakin dengan melihat kapasitas dermaga tak akan terjadi kepadatan lalu lintas hingga keluar Pelabuhan Merak, tetapi pihaknya tetap menyiapkan berbagai skenario rekayasa lalu lintas.

Tim pengawasan yang juga melibatkan BPTD, PT Pelindo, PT ASDP Ferry Indonesia dan Operator kapal telah dibentuk. Tim tersebut diperlengkapi dengan pedoman Standar Operasional Prosedur (SOP) jika akan terjadi kepadatan antrian kendaraan yang menyebrangi Selat Sunda.

“Kapasitas dermaga masih aman, tapi tetap kita antisipasi, cermati. Kita juga sudah membentuk tim pengawasan bersama,” ujar Benny.

Benny juga menjelaskan Jalan Cikuasa Atas hingga sejumlah rest area di Tol Tangerang-Merak akan menjadikan wadah parkir jika terjadinya penumpukan kendaraan di area dalam Pelabuhan Merak.

“Seperti Cikuasa Atas, gerbang tol, rest area 43-68 itu semua. Pola angkutan Lebaran itu juga tetap kita berlakukan, seperti delaying system dan sebagainya,” jelas Benny.*