Kereta Cepat Whoosh Sediakan Lebih dari 20 Ribu Tiket Setiap Hari Selama Nataru

Momen Jokowi jajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung | Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden
Momen Jokowi jajal Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Rabu, 13/9/2023 | Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden

FORUM KEADILAN – Kereta Cepat Jakarta-Bandung atau Whoosh menyediakan lebih dari 20.000 tiket setiap harinya selama masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).

“Untuk memfasilitasi masyarakat yang ingin berlibur, KCIC telah menyiapkan lebih dari 20.000 tempat duduk Kereta Cepat Whoosh setiap harinya selama masa liburan Nataru,” ujar Manager Corporate Communication PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Emir Monti dalam keterangan resminya, Sabtu, 16/12/2023.

Bacaan Lainnya

Sebagai informasi, tiket Kereta Cepat Whoosh bisa dipesan mulai h-7 di seluruh channel penjualan tiket resmi Kereta Cepat Whoosh. Pemesanan dapat dilakukan melalui aplikasi Whoosh, website ticket.kcic.co.id, loket, Ticket Vending Machine, dan channel resmi mitra KCIC, yaitu aplikasi Access by KAI, Livin by Mandiri, BRImo, dan BNI Mobile Banking.

Emir menjelaskan, setiap harinya, Whoosh beroperasi dari pukul 06:15 hingga pukul 20:30. Pada jam sibuk, seperti pagi dan sore hari, Whoosh memiliki headway di 25-35 menit dan di luar jam sibuk memiliki headway di 50-60 menit.

KCIC secara rutin mengevaluasi pola operasinya, dan jika terjadi peningkatan jumlah penumpang, perusahaan akan segera menambah perjalanan untuk menjaga kualitas layanan.

Untuk memberikan pelayanan yang optimal, KCIC menerapkan skema dynamic pricing dalam menentukan tarif Kereta Cepat Whoosh. Dalam proses penetapan tarif, perusahaan mempertimbangkan beberapa aspek, termasuk jam keberangkatan, jumlah permintaan, dan periode keberangkatan.

Selain itu, KCIC telah melakukan persiapan menyambut periode Nataru. Ini mencakup pengecekan berkala terhadap sarana dan prasarana perkeretaapian, seperti EMU, listrik aliran atas, rel, dan fasilitas lainnya.

Penyiapan fasilitas di setiap stasiun dan kesiapan SDM operasional juga menjadi fokus utama perusahaan.

Sebagai langkah tambahan, KCIC terus melakukan peningkatan pelayanan, seperti menambah lokasi kuliner, menyediakan ornamen khusus di stasiun, menambah destinasi wisata yang bekerja sama, dan lainnya.

Saat ini, Stasiun Halim sudah memiliki lebih dari 70 tenan, dengan 66 di antaranya merupakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM).

Emir menjelaskan, semua persiapan yang dilakukan oleh KCIC bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan dan memenuhi kebutuhan penumpang saat menggunakan Whoosh, baik di stasiun maupun selama perjalanan.

“Kami berharap masyarakat dapat beralih dari kendaraan pribadi untuk menggunakan Kereta Cepat Whoosh pada liburan akhir tahun kali ini,” ujar Emir.

“Kehadiran Kereta Cepat Whoosh di tahun 2023 ini akan memberikan pengalaman baru yang berkesan bagi masyarakat yang ingin berlibur di wilayah Bandung atau Jakarta dan sekitarnya melalui perjalanan yang singkat dan ketepatan waktu yang dapat diandalkan,” tutup Emir.*