Polisi Periksa 10 Ahli di Kasus Aiman Witjaksono Terkait Pernyataan Polisi Tak Netral

Aiman Witjaksono Jubir TPN Ganjar-Mahfud | Instagram @aimanwitjaksono
Aiman Witjaksono Jubir TPN Ganjar-Mahfud | Instagram @aimanwitjaksono

FORUM KEADILAN – Polisi telah melakukan pemeriksaan terhadap 10 orang ahli dalam mengusut laporan terhadap Juru Bicara Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Aiman Witjaksono, terkait pernyataannya yang menyebut Polisi tidak netral pada Pemilu 2024.

Diketahui para Ahli dimintai keterangan dalam tahap penyelidikan yang dilakukan oleh Subdit Siber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya.

Bacaan Lainnya

“Adapun total jumlah ahli yang sudah dilakukan klarifikasi oleh tim penyidik Subdit Cyber Ditreskrimsus Polda Metro Jaya adalah sebanyak 10 orang,” jelas Direktur Reskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak dalam keterangannya, pada Minggu, 3/12/2023.

Ade juga menyebutkan para ahli yang telah diperiksa tersebut adalah dua ahli hukum pidana, tiga ahli ITE, dua ahli bahasa.

“(Kemudian) dua ahli sosiologi dan satu orang dari Dewan Pers,” lanjut Ade.

Polda Metro Jaya telah menerima enam laporan terhadap Aiman buntut pernyataannya yang menyinggung soal ketidaknetralan aparat pada Pemilu 2024.

Aiman dilaporkan terkait Pasal 28 Ayat 2 Jo Pasal 45 Ayat 2 Undang-Undang (UU) Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE dan atau Pasal 14 dan atau Pasal 15 UU Nomor 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana.

Saat ini, sebanyak 26 orang saksi telah diperiksa dalam tahap penyelidikan dan tiga diantaranya diketahui adalah orang yang pernah melakukan aksi demo untuk memberikan dukungannya kepada Aiman.

Aiman sebagai terlapor sebelumnya telah diagendakan untuk dimintai klarifikasi pada Jumat, 1/12/2023 namun dirinya absen hingga lantas Polisi mengagendakan ulang pemeriksaan terhadap Aiman pada Selasa, 5/12/2023.

Aiman mengatakan dalam pemeriksaan mendatang bahwa ia akan hadir untuk memenuhi panggilan klarifikasi dan mengungkapkan sudah menerima surat panggilan dari Polda Metro Jaya terkait pemeriksaan tersebut.*