Nawawi Pomolango Resmi Jadi Ketua KPK Sementara

Nawawi Pomolango mengucapkan sumpah sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi sementara di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Senin, 27/11/2023 pagi | YouTube Sekretariat Presiden
Nawawi Pomolango mengucapkan sumpah sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi sementara di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta, Senin, 27/11/2023 pagi | YouTube Sekretariat Presiden

FORUM KEADILAN – Nawawi Pomolango mengucapkan sumpah sebagai Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sementara di hadapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin, 27/11/2023 pagi.

Nawawi menggantikan Firli Bahuri yang diberhentikan sementara dari jabatan Ketua KPK setelah ditetapkan sebagai tersangka dugaan pemerasan terhadap mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo.

Bacaan Lainnya

Pengucapan sumpah jabatan diawali dengan pembacaan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 116 tanggal 24 November 2023 terkait pemberhentian sementara Firli Bahuri dan pengangkatan Nawawi.

Setelahnya, pembacaan Nawawi sebagai Ketua KPK sementara di hadapan Presiden Jokowi.

“Demi Allah saya bersumpah dengan sungguh-sungguh bahwa saya untuk melaksanakan tugas ini, langsung atau tidak langsung, dengan menggunakan nama atau cara apapun juga, tidak memberikan atau menjanjikan sesuatu apapun kepada siapa pun juga,” demikian bunyi sumpah jabatan yang diucapkan Nawawi.

“Saya bersumpah bahwa saya senantiasa akan menjalankan tugas dan wewenang saya ini dengan sungguh-sungguh, seksama, objektif, jujur, berani, adil, tidak membeda-bedakan jabatan, suku, agama, ras, gender, dan golongan tertentu dan akan melaksanakan kewajiban saya dengan sebaik-baiknya, serta bertanggung jawab sepenuhnya kepada Tuhan Yang Maha Esa, masyarakat, bangsa, dan negara,” imbuhnya.

Prosesi pengucapan sumpah dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara.

Pengucapan sumpah Nawawi tersebut turut dihadiri Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron, Alexander Marwata dan Johanis Tanak, serta Ketua dan Anggota Dewas KPK, yakni Tumpak Hatorangan Panggabean, Albertina Ho, Syamsudin Haris, dan Harjono.

Firli Ditetapkan sebagai Tersangka

Sebelumnya, Firli Bahuri ditetapkan sebagai tersangka dugaan pemerasan terhadap Syahrul Yasin Limpo, yang juga sudah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK.

Firli diduga melakukan pemerasan, penerimaan gratifikasi, dan penerimaan suap. Dugaan tindak pidana itu terkait dengan penanganan permasalahan hukum di Kementerian Pertanian saat dipimpin SYL.

“Berupa pemerasan atau penerimaan gratifikasi atau penerimaan hadiah atau janji oleh pegawai negeri atau penyelenggara negara yang berhubungan dengan jabatannya terkait penanganan permasalahan hukum di Kementerian Pertanian Republik Indonesia pada kurun waktu tahun 2020 sampai 2023,” jelas Direktur Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak, Rabu, 22/11.

“Sebagaimana dalam Pasal 12 e atau Pasal 12 B atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana diubah dan ditambah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto pasal 65 KUHP, yang terjadi di wilayah hukum Polda Metro Jaya pada sekitar tahun 2020-2023,” jelas Ade.*