RI Kirim 51,5 Ton Bantuan Kemanusiaan Tahap Pertama untuk Palestina

Jokowi Memimpin Pelepasan Bantuan Ke Palestina | Youtube Sekretariat Presiden
Jokowi Memimpin Pelepasan Bantuan Ke Palestina | Youtube Sekretariat Presiden

FORUM KEADILAN – Republik Indonesia (RI) mengirimkan bantuan kemanusiaan sebanyak 51,5 ton untuk Palestina, Sabtu, 4/11/2023. Bantuan tersebut akan dikirimkan ke Palestina melalui Mesir.

“Pagi hari ini bantuan Indonesia untuk rakyat Palestina akan segera diberangkatkan menuju ke bandara El Arish di Mesir, kemudian akan diteruskan dan disalurkan ke Gaza,” kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memimpin pelepasan bantuan kemanusiaan untuk Gaza, Palestina, di Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu, 4/11.

Bacaan Lainnya

“Ini adalah bantuan tahap pertama, dibawa menggunakan tiga pesawat, dan berisi 51,5 ton bantuan,” lanjut Jokowi.

Jokowi mengatakan, bantuan kemanusiaan tersebut berupa bahan makanan, alat medis, selimut, tenda, dan barang-barang logistik lainnya.

“Berupa bahan makanan, alat medis, selimut. tenda dan barang-barang logistik lainnya telah disesuaikan dengan kebutuhan yang ada di Gaza, dan untuk bantuan selanjutnya juga sedang dalam proses persiapan,” jelasnya.

Jokowi menjelaskan bahwa bantuan kemanusiaan ini merupakan solidaritas bersama antar pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha. Dia menegaskan, ini adalah salah satu bentuk dukungan Indonesia terhadap Palestina.

“Ini merupakan wujud solidaritas Indonesia, wujud kepedulian bangsa Indonesia terhadap kemanusiaan, karena tragedi kemanusiaan yang ada di Gaza tidak dapat diterima dan harus sesegera mungkin dihentikan,” pungkasnya.*