Pakar: Firli Bahuri Tunggangi Kekuasaan

Ketua KPK Firli Bahuri.
Ketua KPK Firli Bahuri. | Ist

FORUM KEADILAN – Pakar Hukum Pidana dari Universitas Trisakti Abdul Fickar Hadjar mengatakan, selain memeriksa mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL), Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) juga harus bertindak tegas terhadap ketua lembaga antirasuah, Firli Bahuri.

Hal ini terkait kasus dugaan pemerasan yang dilakukan Firli terhadap SYL.

Bacaan Lainnya

“Harus disidik dan harus sampai ke pengadilan, agar komisioner yang jahat tidak menjadi tirani,” ucapnya kepada Forum Keadilan, Jumat, 13/10/2023.

Fickar menilai, Firli telah menggunakan kekuasaannya untuk melakukan dugaan tindak kejahatan pemerasan terhadap SYL. Kasus ini bahkan sudah jelas dan sedang ditangani oleh pihak berwajib.

“FB menunggangi kasus korupsinya diduga memeras SYL, ini sudah ditangani Polda Metro Jaya. Kasus ini jelas, dan jangan dilihat secara sosiologis, sehingga menimbulkan prasangka yang tidak perlu,” ujarnya.

Fickar memandang, Polda Metro Jaya tidak boleh takut dalam melakukan penegakan hukum terhadap siapa pun yang ditetapkan sebagai tersangka, meskipun dengan dukungan dua alat bukti termasuk Ketua KPK Firli Bahuri.

Fickar menegaskan Polda harus bertindak tegas terhadap Firli yang sudah dua kali mangkir dalam panggilan pemeriksaan. Bahkan jika perlu, membawa paksa Firli ke tempat pemeriksaan.

Lebih lanjut, menurut Fickar, apabila Firli disangkakan ancaman hukuman lima tahun penjara, maka Ketua KPK itu bisa langsung ditahan.

“Memanggil dengan cara membawa paksa FB ke tempat pemeriksaan, jika pasal yang disangkakan ancaman hukumannya lima tahun lebih bisa langsung ditahan,” tutupnya.*

LaporanĀ Ari Kurniansyah