Syahrul Yasin Limpo ‘Hilang’, Wamentan Harvick Jadi Mentan Ad Interim

Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbi
Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbi | ist

FORUM KEADILAN – Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbi mengatakan dirinya secara otomatis menjadi Menteri Pertanian (Mentan) ad interim (sementara) untuk mengisi kekosongan jabatan selama Mentan Syahrul Yasin Limpo belum ada kabarnya.

Harvick memastikan tupoksi dan tugas kementerian tetap berjalan hingga saat ini, sesuai arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta agar kebijakan tidak boleh terhenti.

Bacaan Lainnya

“Ya tentu secara organisasi Pak Presiden mengarahkan kita agar tupoksi tetap berjalan sesuai tugas masing-masing di kementerian pertanian utamanya tentu saja karena ini menyangkut teknis ada 5 direktorat jenderal, 4 badan, 1 sekjen, 1 irjen ini kita harus tetap berjalan tidak boleh berhenti karena bagian dari pelayanan masyarakat,” ujar Harvick di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa, 3/10/2023.

Harvick mengatakan, pihaknya saat ini masih terus mencari keberadaan Mentan Syahrul yang hilang kontak sejak kunjungan kerja (kunker) ke Eropa.

“Betul. Jadi sampai hari ini (Selasa, 3/10) kita terus mencari keberadaan Pak Menteri karena memang sampai detik ini kita belum ada kabar mengenai keberadaan Pak Menteri,” ujar Harvick.

Harvick mengatakan, berdasarkan informasi terakhir yang diterimanya, Syahrul sedang berada di Spanyol. Ia mengaku terakhir kali berkomunikasi dengan Syahrul sebelum acara kunjungan ke Spanyol.

Syahrul ke Spanyol dalam rangka kunjungan kerja bersama sejumlah pejabat eselon Kementerian Pertanian (Kementan).

“Eselon I ada yang ikut tiga orang, juga ada Eselon II yang ikut kunjungan kerja Pak Menteri, dan ada beberapa staf,” tutur Harvick.

Namun, menurut Harvick, Syahrul terpisah dari rombongan, karena saat kembali ke Tanah Air memang masing-masing.

“Kembali ke Tanah Air-nya ini memang masing-masing karena mungkin tiket juga terbatas. Akhirnya terpisah,” jelasnya.

Mentan Syahrul saat ini tengah ramai dikaitkan dengan dugaan korupsi di Kementan. Rumah dinasnya pun baru-baru ini digeledah oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Ketika ditanya kemungkinan hilangnya Syahrul ada kaitannya dengan kasus yang sedang ditangani KPK tersebut, Harvick enggan menduga.

“Wah insya Allah sih nggak ya. Mudah-mudahan kita doakan bersama-sama agar bisa selesai. Insya Allah,” tandas Harvick.*