Respons Deklarasi Anies-Cak Imin, PAN Sebut KIM akan Makin Solid

Golkar-PAN resmi gabung Gerindra-PKB dukung Prabowo capres 2024 | ist
Golkar-PAN resmi gabung Gerindra-PKB dukung Prabowo capres 2024 | ist

FORUM KEADILAN – Ketua DPP PAN, Saleh Daulay merespons kerja sama antara PKB dan NasDem usai deklarasi duet Anies Baswedan dan Cak Imin di Pilpres 2024 mendatang.

Saleh mengatakan pihaknya menghormati keputusan PKB.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, deklarasi Anies dan Cak Imin berdampak baik untuk proses demokrasi lantaran masyarakat akan memiliki banyak pilihan untuk memilih tokoh terbaik bangsa.

“Pertama, kita menghormati keputusan Partai Kebangkitan Bangsa. Kedua, kita berharap bahwa kita akan tetap berkomunikasi yang bagus dalam rangka memenangkan pemilu yang jujur adil dan tentu bermartabat. Ketiga, kami tentu siap untuk menghadapi pilpres yang akan datang, justru dengan mendekatnya PKB bersama NasDem itu akan semakin memacu kader-kader di daerah, karena tentu pilihan di masyarakat juga akan semakin banyak,” ungkap Saleh dikutip dalam keterangan tertulis pada Minggu, 3/9/2023.

Terkait dengan keputusan tersebut, Saleh menegaskan Koalisi Indonesia Maju (KIM) yang berisi PAN, Gerindra dan Golkar makin percaya diri dalam menghadapi Pilpres 2024.

Menurutnya, KIM tak akan goyah dan makin solid.

“Semakin solid dan akan semakin percaya diri, itu biasanya kalau ada yang begini malah akan mengeratkan hubungan kita. Karena kan kalau mau memenangkan Pilpres itu bukan untuk partai-partai kita, tapi adalah untuk Indonesia. Karena itu kita harus semakin solid, semakin semangat,” ungkap Saleh.

Disinggung soal kemungkinan PSI bergabung ke koalisi Indonesia Maju, Saleh menyebut hal itu akan berdampak bagus dan memperkuat koalisinya.

“Saya sampaikan kalo PSI gabung ke kita ini adalah suatu loncatan besar yang dilakukan oleh PSI. Di mana PSI ini kan mempunyai kekuatan juga di medsos dan dalam rangka memberdayakan ideologi lintas agama, adat istiadat,” kata Saleh.*