PKS Desak Anies Baswedan Umumkan Bacawapres

Mardani Ali Sera, Ketua DPP PKS
Mardani Ali Sera, Ketua DPP PKS | PKS

FORUM KEADILAN – Sepakat dengan Demokrat, PKS ingin pengumuman sosok bacawapres Anies Baswedan dipercepat.

Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera menyinggung soal Pemilu 2024 yang kini tersisa 6 bulan lagi.

Bacaan Lainnya

“Kita setuju segera deklarasi. Kenapa, karena ini tinggal 6 bulan lagi nih. Waktu enam bulan itu waktu paling minimal untuk kita bisa penetrasi ke akar rumput yang efektif,” ujar Mardani pada Senin, 21/8/2023.

Ia menyebut koalisinya sudah tidak memiliki waktu hingga menyinggung soal koalisi bacapres lain seperti Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo yang memiliki infrastruktur yang lebih bagus.

“Yang kita tidak miliki, waktu. Kemewahan lain kalau Pak Prabowo katakan, Mas Ganjar itu punya, Prabowo panggungnya sudah panjang, Mas Ganjar sampai September ini masih oke, terus PDIP punya infrastruktur yang bagus, ya kepala daerah banyak, mau bikin acara bagus,” kata dia.

Jadi, ia sepakat dengan pihak Demokrat agar Anies segera mendeklarasikan bacawapresnya.

Mardani melanjutkan sebenarnya bacawapres Anies sudah mengerucut pada satu nama.

“Sebetulnya, mayoritasnya sudah mengerucut ke satu nama, tetapi tentu kita hargai ketika ada pendapat lain, tapi pendapat lain juga perlu menghargai kesepakatan besar yang memang sudah terbentuk. Secara umum kita sudah punya kesepakatan untuk segera mengumumkan,” kata Mardani.

Meski begitu, Anies mengaku masih mencari momentum yang cocok untuk mendeklarasikan cawapresnya.

“Nah ketika berbincang Mas Anies mengatakan cari momentum, kemudian memastikan bahwa nanti sudah ditentukan dia akan terus meningkat momentumnya, jangan sampai berhenti atau turun,” katanya.

Sebelumnya, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Demokrat Andi Arief kembali meminta bacapres Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Baswedan, segera mendeklarasikan bacawapres untuk didaftarkan ke KPU RI nantinya.

“Saya berharap Anies Baswedan segera mendeklarasikan cawapresnya sebagai taktik menaikkan elektabilitasnya,” kata Andi dalam cuitannya pada Senin, 21/8/2023.*