MU Sepakat Lepas Maguire Ke West Ham

Harry Maguire akan segera menyelesaikan transfernya ke West Ham United | (Photo by The Sun)

FORUM KEADILAN – Manchester United dikabarkan telah sepakat untuk melepas pemain belakang mereka Harry Maguire ke West Ham United.

Kedua kubu, baik Man United maupun West Ham, telah menyetujui biaya transfer Maguire sebesar £30 juta. Saat ini, negosiasi sudah memasuki diskusi perihal persyaratan pribadi antara Maguire dan The Hammers.

Bacaan Lainnya

West Ham optimis bahwa proses kepindahan ini akan berjalan lancar. David Moyes bahkan sudah memiliki rencana untuk memberikan ban kapten kepada bek timnas Inggris tersebut setelah kepergian Declan Rice ke Arsenal di awal musim panas ini.

Eks kapten West Ham tersebut bergabung dengan The Gunners pada bulan Juli lalu dan memecahkan rekor transfer termahal di Inggris senilai 105 juta poundsterling.

Sampai saat ini, West Ham bahkan belum mengumumkan pengganti permanennya dengan musim baru Premier League yang akan dimulai Sabtu (12/8).

Oleh karenanya, Maguire telah disiapkan untuk pindah dari Old Trafford setelah gagal mendapatkan tempat di skuad inti Erik ten Hag.

Maguire yang menyandang predikat sebagai pemain belakang termahal di dunia itu hanya tampil sebagai starter sebanyak 35 kali di semua kompetisi bagi tim asuhan manajer asal Belanda itu sepanjang musim 2022-23.

Namun, seperti yang dilaporkan Mail Sport pada bulan Mei, The Red Devils pun harus menawarkan Maguire iming-iming untuk memastikan kepindahannya. West Ham tidak siap jika harus membayar penuh gaji sang bek sebesar £190.000 per minggu yang ia dapatkan saat ini ketika berseragam Man United.

Menurut laporan The Sun, pemain berusia 30 tahun itu hanya akan menerima £120.000 per minggu di klub London Timur tersebut.

Oleh karena itu, Harry Maguire akan diberikan “insentif” ekstra sebesar £10 juta dari Man United agar eks kaptennya itu segera meninggalkan Old Trafford.

Nampaknya, era masa-masa kelam Maguire di Manchester akan segera berakhir dengan perpisahan setelah rekor transfernya yang mencengangkan empat tahun lalu dari Leicester City.

Semasa di Man United, Maguire terlihat berjuang keras untuk memenuhi “labelnya” sebagai bek termahal dunia dengan harga £80 juta.

Namun, alih-alih memberi kekokohan dan ketenangan kepada lini belakang Setan Merah, ia justru dikenal karena blunder-blunder konyolnya yang menyebabkan gawang MU sangat mudah ditembus oleh pemain-pemain lawan.

Seluruh skuad Man United pun terlihat jengah dan puncaknya adalah ketika Ten Hag mencopotnya dari jabatan kapten tim selama tur pra-musim pada bulan Juli lalu. Disinyalir, itu merupakan sinyal tegas dari klub bahwa mereka sudah tidak menginginkan Maguire lagi berada di Manchester.

Maguire nampaknya berharap bahwa kepindahan ke West Ham merupakan awal yang baru baginya untuk memperbaiki penampilan. Tentunya, ia juga berharap untuk menambah waktu bermain dan memastikan dirinya tetap berada di urutan teratas dalam daftar Gareth Southgate di lini belakang The Three Lions.

West Ham pun mulai berbenah dengan merekrut pemain-pemain baru. Selain Maguire yang diharapkan akan segera tiba, klub juga telah menyetujui biaya sebesar £30 juta untuk pemain Southampton, James Ward-Prowse, dan mendatangkan Edson Alvarez dari Ajax dengan harga £35 juta.