IT’S OFFICIAL! Declan Rice Resmi Menjadi Pemain Termahal Inggris Sepanjang Masa

Declan Rice resmi menjadi pemain Inggris termahal sepanjang masa setelah dibeli Arsenal 105 juta poundsterling dari West Ham United | (Photo by Stuart MacFarlane/Arsenal FC via Getty Images)

FORUM KEADILAN – Gelandang bertahan The Three Lions, Declan Rice, resmi menjadi pemain termahal di Liga Inggris sekaligus pemain Inggris termahal sepanjang masa setelah diboyong Arsenal dari West Ham United dengan mahar 105 juta poundsterling atau sekitar 2 triliun rupiah.

Dengan selisih 5 juta poundsterling lebih mahal, Rice memecahkan rekor transfer termahal yang sebelumnya dipegang oleh Jack Grealish ketika winger stylish itu direkrut oleh Manchester City dari Aston Villa.

Bacaan Lainnya

Kepindahan Rice ke Emirates Stadium adalah blockbuster atau highlight dari bursa transfer pemain di musim panas ini. Arsenal diketahui butuh perjuangan keras untuk mendapatkan Rice dari The Hammers.

Pasalnya, The Gunners sempat mendapatkan persaingan dari Manchester City dalam perburuan sang pemain. Namun, The Citizens memutuskan mundur dari perlombaan karena harga Rice dinilai kelewat mahal.

Akhirnya setelah spekulasi selama berminggu-minggu, Arsenal menyepakati jumlah angka yang diminta oleh West Ham untuk menggaet Rice. Rinciannya, 100 juta pounds dalam rupa biaya transfer pokok dan 5 juta berupa add-ons.

Dengan kepindahan ini Rice menjadi pemain baru ketiga Arsenal. Sebelumnya, Meriam London lebih dulu mendatangkan Kai Havertz dari Chelsea dan Jurrien Timber dari Ajax Amsterdam.

“Pemain internasional Inggris Declan Rice telah bergabung dengan kami dari West Ham United dengan kontrak jangka panjang,” bunyi keterangan di laman resmi Arsenal. Diketahui, pemain tengah tersebut terikat kontrak berdurasi lima tahun sampai 2028.

Meski masih berusia 24 tahun, Rice memiliki jam terbang tinggi. Ia telah membuat 245 penampilan selama enam musim untuk West Ham dan 43 kali bermain untuk timnas Inggris.

Pria yang akrab disapa “Dec” ini didapuk sebagai kapten the Hammers sejak Mei 2022 lalu dan berhasil memimpin West Ham menjuarai Conference League pada musim lalu. Rice juga kemudian terpilih sebagai pemain terbaik di turnamen tersebut.

Declan Rice dipastikan akan memakai jersey nomor 41 pada musim depan, sama seperti nomor punggung yang ia kenakan di West Ham.

Manajer Arsenal Mikel Arteta menyambut hangat kedatangan Rice. “Kami sangat gembira Declan bergabung dengan kami. Dia adalah pemain dengan kemampuan yang hebat yang selama ini tampil di level tinggi di Premier League dan Inggris selama beberapa musim,” kata dia.

“Declan membawa kualitas yang tidak diragukan ke klub dan dia itu adalah bakat yang luar biasa yang memiliki potensi untuk menjadi sangat sukses di sini,” imbuh Arteta.