Liga Inggris : West Ham vs Arsenal 2-2, The Gunners Tertahan

Bukayo Saka gagal mengeksekusi penalti bagi Arsenal dalam laga lanjutan Liga Primer Inggris melawan tuan rumah West Ham United yang berlangsung di London Stadium, Minggu (16/4) | (Photo by Chloe Knott - Danehouse/Getty Images)

FORUM KEADILAN – Upaya Arsenal untuk terus memperlebar jarak dari pesaing terdekatnya, Manchester City, kembali gagal setelah hanya bermain imbang 2-2 dengan tuan rumah West Ham United dalam lanjutan Liga Primer Inggris pekan ke-31, Minggu (16/4) malam WIB.

Dalam laga yang berlangsung di London Stadium, The Gunners yang bermain tanpa William Saliba dan Oleksandr Zinchenko berhasil unggul 2-0 hanya dalam waktu sepuluh menit pertama melalui Gabriel Jesus pada menit ke-7 dan kapten Martin Odegaard di menit ke-10.

Bacaan Lainnya

Gol Jesus berawal dari kerjasama Bukayo Saka, Thomas Partey dan Odegaard yang mengirim bola ke dalam kotak penalti West Ham. Ben White yang berada disana langsung melepaskan umpan tarik ke mulut gawang yang disambut dengan cocoran Jesus yang telah berdiri bebas.

Tak berselang lama, Odegaard berhasil menggandakan keunggulan Arsenal lewat gol indahnya. Gabriel Martinelli yang berada di sisi kanan pertahanan The Hammers, mengirimkan umpan crossing ke arah tiang jauh.

Odegaard yang berdiri tanpa pengawalan langsung melepaskan tembakan first time kaki kiri yang melewati sela-sela kaki kiper West Ham, Lukasz Fabianski.

Pada menit ke-33, pasukan David Moyes berhasil memperkecil kedudukan lewat penalti yang berhasil dieksekusi dengan baik oleh Said Benrahma. Penalti diberikan oleh wasit karena Lucas Paqueta dilanggar oleh Gabriel di kotak terlarang.

Merasa mendapat angin, West Ham terus menekan Arsenal di sepanjang sisa waktu babak pertama. Namun sampai paruh awal usai, serangan Declan Rice cs tidak ada yang benar-benar membahayakan gawang Aaron Ramsdale.

Di awal babak kedua, tepatnya di menit ke-50, Arsenal mendapatkan kesempatan emas untuk memperlebar keunggulan setelah wasit kembali menunjuk titik putih karena Michail Antonio melakukan handsball.

Namun, Bukayo Saka yang maju menjadi algojo gagal mendulang kesempatan tersebut setelah tembakannya melebar ke sisi kanan gawang Fabianski.

West Ham akhirnya berhasil menyamakan skor pada menit ke-54 melalui Jared Bowen. Menerima operan lambung Thilo Kehrer dari tengah lapangan, Bowen langsung menyambar bola dengan tembakan half-volley. Bola yang sempat memantul ke tanah tidak mampu dibendung oleh Ramsdale walaupun telah bereaksi cepat.

Pasukan Mikel Arteta yang tentunya ingin pulang dengan kemenangan dalam upaya menjauh dari kejaran City, kembali terus melancarkan serangan sepanjang babak kedua. Tetapi sampai peluit akhir dibunyikan, The Gunners tidak mampu mencetak gol tambahan.

Arsenal yang hanya mendapat tambahan satu poin, kini hanya berjarak empat poin dari City yang pada malam sebelumnya sukses mempecundangi Leicester City 3-1. Tekanan semakin berat bagi Arsenal karena City mengantongi satu pertandingan lebih banyak.

Yang menarik, kedua klub bakal berduel pada Kamis (27/4) pekan depan dalam partai lanjutan Premier League. Laga ini bisa jadi merupakan laga yang sangat menentukan bagi kedua tim dalam perebutan tahta juara Liga Inggris musim 2022/2023. Patut ditunggu!