Tugas Luar Kota, Menhub Budi Karya Sumadi Absen Panggilan KPK

Gedung KPK | Merinda Faradianti/ForumKeadilan
Gedung KPK | Merinda Faradianti/ForumKeadilan

FORUM KEADILAN – Juru Bicara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI Adita Irawati mengatakan, saat ini Menhub Budi Karya Sumadi sedang melakukan tugas luar kota, sehingga tidak bisa memenuhi panggilan KPK menjadi saksi dalam kasus dugaan suap di Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kemenhub.

Diketahui, kasus dugaan suap di DJKA Kemenhub terkait pembangunan jalur kereta api di Sulawesi Selatan, Jawa Tengah, Jawa Barat, dan Jawa-Sumatera pada tahun anggaran 2018-2022.

Bacaan Lainnya

“Saat ini Menhub tengah mendapat tugas untuk meninjau proyek transportasi di luar kota, sehingga permintaan keterangan kami mohonkan untuk dapat dijadwalkan kembali,” kata Adita melalui keterangan tertulis, Jumat, 14/7/2023.

Adita membenarkan pihaknya telah mendapatkan informasi mengenai pemanggilan Menhub Budi Karya Sumadi tersebut.

“Kami sangat mendukung upaya pemberantasan korupsi dan akan bekerja sama sepenuhnya dengan aparat penegak hukum termasuk KPK,” sambungnya.

Sebelumnya, Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri menyebut pihaknya memanggil tiga orang saksi dalam kasus suap di DJKA. Mereka ialah Menhub Budi Karya Sumadi, Dirjen Perkeretaapian DJKA Kemenhub RI M Risal Wasal, dan ASN Kemenhub Maulana Yusuf.

Pantauan Forum Keadilan, M Risal Wasal keluar dari ruang pemeriksaan dan meninggalkan Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, pada pukul 12.05 WIB. Ia tampak menggunakan baju batik coklat dan masker.

Risal bungkam saat ditanya awak media mengenai pemeriksaan dirinya. Ia hanya mengatupkan kedua tangannya sembari berjalan menembus awak media.*

Laporan Merinda Faradianti