Nomor 7 Keramat Manchester United Kembali Aktif, Sang Empunya: Mason Mount

Mason Mount akan mengenakan jersey nomor punggung 7 yang dikenal spesial bagi Manchester United. | (Photo by Manchester Evening News)

FORUM KEADILAN – Rekrutan teranyar Manchester United, Mason Mount, dipastikan bakal mengenakan nomor punggung yang begitu melegenda bagi para penggemar, yakni nomor punggung 7.

Dalam rilis sosial media Man Utd beberapa waktu yang lalu, Mount yang baru saja hengkang dari klub lamanya Chelsea, dihadirkan dengan memakai jersey keramat MU tersebut.

Bacaan Lainnya

Keputusan manajer Man Utd Erik ten Hag untuk menyerahkan nomor 7 kepada Mount tentu menimbulkan pro kontra tersendiri bagi para fans.

Diketahui, Mount merupakan pemain ke sepuluh yang menerima nomor punggung 7 semenjak era Premier League di tahun 1993 yang mengharuskan pemain memakai nomor punggung yang pasti atau “fixed numbers” dalam satu musim kompetisi.

Berbeda dengan klub lain kebanyakan yang begitu mensakralkan nomor punggung 10 yang identik dengan pemain bintang (sang kreator, playmaker, atau fantasista), nomor punggung 7 bagi Manchester United memiliki arti besar sebagai nomor punggung seorang ikon atau pemain kesayangan yang banyak berjasa memberikan kontribusi penting untuk klub.

Legenda Setan Merah, George Best, adalah pemain pertama yang membuat nomor punggung 7 menjadi begitu sakral di Man Utd.

George Best lahir di Belfast, Britania Raya, pada 22 Mei 1946. Ia dikenal sebagai Legenda sepak bola Britania Raya yang pernah dikenal saat membela Manchester United dan Tim Nasional Irlandia Utara.

Memiliki posisi utama di sayap kiri, Best juga dapat dimainkan sebagai gelandang kanan dan second striker. Ia mengawali karirnya di youth club bersama Cregagh Football Club.

Hingga pada musim 1961/1962, ia bergabung dengan Manchester United U-18 dari Glentoran FC U-17. Menghabiskan dua musim di klub U-18, Best akhirnya bergabung dengan skuad utama Manchester United pada 1 Juli 1963.

George Best sebenarnya sempat beberapa kali berganti nomor mulai dari nomor 9, 10, sampai nomor 7. Selama 141 pertandingan, ia memakai nomor punggung 7. Termasuk ketika Manchester United memenangi European Cup (sekarang Liga Champions) pada musim 1967-1968.

Tren apik nomor 7 di Manchester United kabarnya dimulai sejak era George Best. Bersama Setan Merah, ia menghabiskan 11 tahun masa kejayaannya disana.

Ia menaburkan aroma magis pada nomor punggung 7 di klub tersebut dengan berbagai torehannya. Tercatat, ia turut berkontribusi dalam kesuksesan MU meraih 2 trofi English Super Cup (1965, 1967), FA Cup (1963), 2 kali juara Premier League (1965, 1967), European Champions Clubs atau versi lawas Champions League (1967/1968).

Adapun raihan pribadinya adalah menjadi Pemain Terbaik Inggris pada 1968 dan meraih Ballon d’Or pada tahun yang sama.

Hal tersebut diraihnya berkat menjadi Top Scorer First Division (sekarang Premier League) musim 1967/1968. Secara keseluruhan, Best telah bertanding dalam 355 laga dan menorehkan 137 gol dan 3 assist bagi MU.

Setelah era Best berakhir di tahun 1974, Bryan Robson, Eric Cantona, David Beckham, dan Cristiano Ronaldo adalah daftar pemain yang sukses mengenakan jersey keramat nomor 7 selama berkiprah membela Man Utd.