Tangis Cristiano Ronaldo di Penghujung Karir Piala Dunia

Cristiano Ronaldo
Cristiano Ronaldo menangis usai Portugal dikalahkan Maroko di perempatfinal Piala Dunia 2022. | AP/Martin Meissner

FORUM KEADILANCristiano Ronaldo tak kuasa menahan tangisnya usai disingkirkan Maroko dengan skor 0-1 pada babak perempat final Piala Dunia 2022, di Al-Thumama Stadium, Doha, Sabtu, 10/11/2022. Gol tunggal Maroko dicetak Youssef En-Nesyri pada menit 42.

CR7 tampaknya ogah kelihatan lemah di hadapan awak media. Pemain berjuluk CR7 itu tampak berkali-kali menutupi wajahnya seraya berjalan ke ruang ganti Portugal. Namun, tangis pesepakbola 37 tahun itu akhirnya pecah saat berjalan ke ruang ganti pemain usai bertanding.

Bacaan Lainnya

Perjalanan Cristiano Ronaldo di Piala Dunia 2022 memang sudah tamat. Impiannya memegang piala ajang sepakbola terbesar itu hampir dipastikan tak tercapai, lantaran edisi di Qatar kali ini bisa jadi Piala Dunia terakhir dalam karier sepak bolanya.

Di edisi berikutnya yang berlangsung di Amerika Serikat, Kanada dan Meksiko, usia Ronaldo sudah tidak muda lagi. Terdengar mustahil jika Ronaldo mampu tampil di level tertinggi dunia di usia yang menginjak 41 tahun.

Selain itu, Piala Dunia yang diyakini menjadi yang terakhir bagi Ronaldo juga diwarnai isu-isu tidak sedap. Ronaldo disimpan di bangku cadangan pada dua laga terakhir Portugal di ajang Piala Dunia 2022.

Keputusan itu diambil pelatih Portugal, Fernando Santos usai Ronaldo berulah di laga versus Korea Selatan pada tahap akhir penyisihan grup. Ronaldo cekcok dengan penyerang Korea Selatan, Cho Gue-sung.

Di laga selanjutnya, Ronaldo disimpan di bangku cadangan, tetapi Portugal justru mampu menang besar 6-1 atas Swiss. Eks pemain Real Madrid dan Manchester United pun diduga tak harmonis dengan tim pelatih Portugal.

Kini, Ronaldo harus menerima kenyataan bahwa dirinya tidak pernah mampu bisa mempersembahkan Piala Dunia untuk negaranya. Adapun gelar Piala Eropa 2016 menjadi pencapaian terbaik Ronaldo bersama tim berjuluk Selecao de las Quinas.

Ronaldo bisa dibilang salah satu pemain sepakbola terbaik. Puluhan trofi bergengsi baik di level klub maupun di level individu telah dimenangkan Ronaldo.

Sepanjang karirnya, Cristiano Ronaldo telah mengikuti total 22 pertandingan di Piala Dunia. Dia tercatat sudah mencetak total delapan gol di lima edisi Piala Dunia yang ia ikuti.*