Giliran Pantai Terkotor di Bandar Lampung Jadi Target Pandawara Grup

Pandawara grup berfoto di atas tumpukan sampah pantai Bandar Lampung. | Instagram @pandawaragrup

FORUM KEADILAN – Pandawara Grup kembali melakukan aksi kampanye mengajak masyarakat peduli kebersihan. Kali ini, giliran pantai terkotor di Kota Bandar Lampung yang ditarget oleh grup yang digawangi sejumlah anak muda tersebut.

Melalui unggahan akun TikTok Pandawaragrup pada Sabtu, 8/7/2023, anggota Pandawaragrup mengatakan bahwa di Bandar Lampung ada pantai terkotor nomor 2 di Indonesia.

“Lampung mohon maaf, tanpa mengurangi rasa hormat, pantai terburuk dan terkotor no 2 di Indonesia ada di daerah kalian,” Kata Gilang salah satu anggota Pandawaragrup.

Lokasi pantainya berada di jalan Ikan Selar, belakang Puskesmas Sukaraja, Kecamatan Bumi Waras, Kota Bandar Lampung.

Terlihat dalam postingan tersebut, di sepanjang bibir pantai dipenuhi dengan sampah yang menumpuk.

“Dicari 1000 orang Lampung untuk membantu mengurangi sampah yang ada disini. Warga Lampung, let’s join the party,” kata Rafly, anggota Pandawara lainnya.

Kemudian, salah satu anggota Pandawaragrup, Rifki juga menyertakan lokasi dan waktu yang akan dilakukan aksi pembersihan pantai tersebut bersama warga Lampung di hari Senin, 10 Juli 2023 besok.

“Lokasinya ada di pantai jalan ikan Selar, Bandar Lampung,” kata Rifki.

“Dimulai dari pukul 07.00 WIB ditunggu kedatangannya!,” tambah M Agung, anggota lainnya.

Selanjutnya salah satu anggota Pandawara, Ikhsan juga mengatakan bahwa pantai tersebut merupakan korban dari acuhnya masyarakat terhadap lingkungan. Ia juga turut mengajak pemerintah dalam menangani masalah ini.

“Lagi-lagi kita menemukan kondisi pantai yang sama. Tempat ini menjadi korban dari acuhnya kita terhadap lingkungan,”katanya.

“Kita perlu kolaborasi antar seluruh masyarakat dan Pemerintah Provinsi Lampung, untuk menanggulangi masalah ini,” tambah dia.

Tak hanya Pandawara, para warga termasuk anak-anak kecil di sekitar pantai tersebut juga menginginkan daerah tersebut bersih kembali.

“Aku ingin tempat ini menjadi pantai yang bersih,” kata 5 anak secara kompak di sekitar pantai tersebut.

Sebagai penutup, anggota Pandawara, Gilang Rahma berpesan kepada seluruh warga Indonesia untuk terus menjaga lingkungan sekitar.

“Jaga dan rawat lingkungan di sekitar kalian, atau kita yang harus datang ke daerah kalian masing-masing,” tutupnya.

Pandawara Grup adalah gerakan sekelompok anak muda di TikTok dan media sosial yang kerap kali membersihkan sungai dan tempat kotor lainnya dari sampah, diketahui mereka sudah memiliki 7 juta pengikut di TikTok.

Hingga berita ini dirilis, terpantau postingan tentang pantai Lampung yang kotor itu sudah ditonton lebih dari 11 juta kali. Tak hanya di TikTok, video tersebut lantas viral di media sosial lainnya seperti Instagram dan Facebook. *