33.476 Jemaah Haji Sudah Dipulangkan ke Tanah Air

Jemaah haji
Kepulangan jemaah haji Indonesia. | ist

FORUM KEADILAN – Sebanyak 33.476 jemaah haji telah tiba di Tanah Air dari 89 kelompok terbang (kloter) pada pemulangan jemaah gelombang satu. Jumlah ini akumulasi dari mulai hari pertama hingga hari ke-6 atau Minggu, 9/7/2023, per pukul 13.00 Waktu Arab Saudi (WAS) atau 17.00 Waktu Indonesia Barat (WIB).

Pemulangan jemaah haji gelombang satu ke Indonesia ini berlangsung sejak 4 hingga 18 Juli 2023. Mereka diterbangkan ke Tanah Air melalui Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, Arab Saudi.

Bacaan Lainnya

Secara umum, proses pemulangan jemaah haji Indonesia dari Tanah Suci ini berlangsung lancar. Namun sempat ada kendala satu kloter gagal take off atau lepas landas dan terbang saat pesawat sudah berada di runway atau landasan pacu.

Berdasarkan informasi yang diterima tim Media Center Haji (MCH) Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi, pesawat Saudia Airlines yang mengangkut jemaah haji Kloter 11 Embarkasi Surabaya (SUB 11) gagal take off karena ada kendala teknis pada Sabtu pukul 14.50 WAS kemarin.

Pesawat yang sudah standby di runway bandara pun ditarik mundur kembali. Sementara jemaah terpaksa diturunkan kembali beserta barang bawaannya menuju ke ruang tunggu.

Pemulangan jemaah haji gelombang satu dari Tanah Suci ke Indonesia ini akan berlangsung hingga 18 Juli 2023. Mereka akan dipulangkan dari Kota Makkah menuju ke asrama debarkasi masing-masing melalui Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah.

Sementara jemaah haji gelombang dua akan diberangkatkan secara bertahap ke Madinah mulai tanggal 10 hingga 24 Juli 2023. Mereka akan tinggal di Madinah selama 8 hingga 9 hari untuk melaksanakan ibadah arbain di Masjid Nabawi dan berziarah ke Makam Rasulullah SAW serta tempat-tempat bersejarah lainnya.

Para jemaah haji gelombang dua ini baru akan dipulangkan secara bertahap ke Indonesia melalui Bandara Internasional Amir Mohammed bin Abdul Aziz (AMAA), Madinah pada 19 Juli – 2 Agustus 2023 mendatang. *