Dampak Gempa Bantul, BNPB Catat Kerusakan Bangunan dan Listrik Terputus

Gempa Bantul
Kerusakan rumah warga akibat gempa Bantul Jumat, 30/6/2023. | ist

FORUM KEADILANGempa bumi Magnitudo 6,4 yang mengguncang Kabupaten Bantul terasa hingga ke sejumlah wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan Jawa Tengah (Jateng). Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat, gempa mengakibatkan kerusakan rumah warga dan terputusnya jaringan listrik.

“Perkembangan terkini hingga malam ini, pukul 20.40 WIB, Pusdalops BNPB menginformasikan 2 rumah warga rusak ringan di Kabupaten Kebumen, Provinsi Jateng,” ujar Plt Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, melalui keterangan pers kepada wartawan, Jumat malam, 30/6/2023.

Bacaan Lainnya

Selain kerusakan bangunan, BNPB juga menerima informasi yang menyebutkan jaringan listrik terputus karena kerusakan pascagempa di Kabupaten Kebumen, Jawa Tengah.

“Di wilayah DIY, 1 unit rumah warga rusak, tepatnya di Kabupaten Gunung Kidul,” ujarnya.

Pudalops BNPB akan terus memonitor dan melakukan koordinasi dengan beberapa BPBD di wilayah DIY, Jateng dan Jawa Timur. Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD di wilayah terdampak telah berada di lapangan untuk melakukan pendataan dan pemantauan.

Di samping itu, BNPB menyebutkan warga di beberapa wilayah merasakan guncangan kuat. Guncangan dengan intensitas kuat dirasakan warga Kabupaten Bantul, Kulon Progo dan Gunung Kidul di DIY, sedangkan di Provinsi Jateng, antara lain dirasakan warga di Kota Surakarta, Kabupaten Kebumen, dan Klaten.

Menyikapi fenomena gempa bumi, BNPB mengimbau warga untuk waspada dan siap siaga, serta mengantisipasi adanya gempa susulan. Pastikan struktur bangunan rumah tetap kokoh sebelum Kembali ke dalam rumah pascagempa.

“Persiapkan tas siaga bencana apabila harus melakukan evakuasi ke tempat aman sementara,” pungkas Abdul Muhari.

Sebelumnya diberitakan, gempa Magnitudo 6,4 mengguncang wilayah Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Jumat 30/6/2023 pukul 19.57 WIB.

Dilansir dari Laman Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), episentrum gempa berlokasi di koordinat 8.63 lintang selatan (LS) dan 110.08 bujur timur (BT) atau berkisar 86 km Barat Daya Bantul-DIY dengan kedalaman 25 Km.*