Inter Milan Juara Coppa Italia 2022/2023

Inter Milan Juara Coppa Italia 2022/2023 | (Photo by Claudio Pasquazi/Anadolu Agency via Getty Images)

FORUM KEADILAN – Inter Milan berhasil menjuarai Coppa Italia musim 2022/2023 setelah pada partai final yang berlangsung Kamis (25/5) dini hari WIB di Stadio Olimpico, Roma, berhasil membungkam Fiorentina 2-1.

Gelar juara ini merupakan gelar Coppa Italia yang ke-9 bagi Inter sekaligus raihan back to back setelah titel yang sama juga diraih Nerazzurri pada musim lalu.

Bacaan Lainnya

Dilansir dari laman resmi Lega Serie A, Fiorentina yang kurang diunggulkan pada laga ini, tampil sedikit lebih mendominasi pertandingan dengan penguasaan bola mencapai 51 persen.

Kubu La Viola juga mampu melepaskan 20 tembakan dengan enam di antaranya mengarah tepat ke gawang Inter Milan.

Berbanding terbalik dengan Inter yang lebih dijagokan, pasukan Simone Inzaghi tercatat hanya mampu melepaskan 11 tembakan dengan empat di antaranya mengarah tepat ke gawang Fiorentina.

Si ungu malah sukses memberi kejutan dengan gol cepat yang disarangkan oleh winger Nicolas Gonzales pada menit ke-3.

Lewat skema serangan balik, Fiorentina mengancam lewat kerja sama apik antara Giacomo Bonaventura dan Jonathan Ikone.

Ikone yang menerima bola di sisi kiri kotak penalti Inter langsung mengirimkan umpan silang mendatar ke tiang jauh yang menerobos pertahanan bek Inter.

Gonzales yang lepas tanpa penjagaan langsung menyambar bola dengan kaki kanannya untuk mengoyak gawang Samir Handanovic.

Tersentak karena gol cepat Fiorentina, Marcelo Brozovic dkk langsung berinisiatif mengambil alih penguasaan permainan demi menyamakan kedudukan.

Inter mendapat peluang emas pada menit ke-24 lewat aksi kerja sama Lautaro Martinez dan Edin Dzeko.

Menerima umpan terobosan dari Lautaro, Dzeko berada dalam situasi one on one dengan kiper Fiorentina, Pietro Terracciano.

Dengan sekali sentuhan, Dzeko langsung melepaskan tembakan kaki kiri. Namun sayang, bola sepakannya masih melambung di atas mistar Terracciano yang sebetulnya sudah maju meninggalkan gawangnya.

Berselang lima menit, Lautaro Martinez akhirnya berhasil menyamakan skor. Ia mampu lepas dari jebakan offside setelah menerima umpan terobosan dari Marcelo Brozovic di dalam kotak penalti.

Bomber asal Argentina tersebut sukses menaklukkan Terracciano lewat tendangan kaki kanan yang mengarah ke tiang jauh.

Gol penyama kedudukan ini terasa spesial bagi Lautaro dikarenakan ini merupakan gol nya yang ke-100 di seluruh ajang kompetisi sepanjang memakai seragam biru hitam.

Lautaro Martinez nampaknya memang ditakdirkan sebagai pahlawan Nerazzurri pada malam tadi. Ia kembali mencetak gol pada menit ke-37 guna membawa Inter unggul 2-1.

Sebelum gol tersebut tercipta, terjadi kemelut di kotak penalti Fiorentina saat serangan yang dibangun oleh Hakan Calhanoglu dan Edin Dzeko masih dapat digagalkan lawan.

Bola yang kemudian dibuang pemain belakang Fiorentina dicuri oleh Nicolo Barella yang dengan sekali kontrol langsung melepaskan umpan ke dalam kotak penalti.

Lautaro yang sudah bersiap langsung menyongsong bola dengan tembakan volley kaki kanan yang tanpa ampun menjebol gawang Terracciano untuk kedua kalinya.

Inter Milan pun berhasil comeback dan menutup babak pertama dengan keunggulan 2-1 atas Fiorentina.

Di babak kedua, berbagai peluang berhasil diciptakan oleh kedua tim, di antaranya lewat Romelu Lukaku dan Luka Jovic.

Namun, hingga wasit Massimiliano Irrati meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan, skor 2-1 tetap bertahan untuk keunggulan Inter Milan.

Dengan hasil ini, Inter berhasil meraih gelar juara pertamanya pada musim ini.

 

Daftar Susunan Pemain :

Fiorentina (4-2-3-1): 1-Pietro Terracciano (GK); 2-Dodo (15-Aleksa Terzic 82′), 28-Lucas Martinez Quarta (16-Luca Ranieri 70′), 4-Nikola Milenkovic, 3-Cristiano Biraghi; 34-Sofyan Amrabat (7-Luka Jovic 70′), 5-Giacomo Bonaventura; 11-Jonathan Ikone (33-Riccardo Sottil 60′), 10-Gaetano Castrovilli (38-Rolando Mandragora 60′), 22-Nicolas Gonzalez; 9-Arthur Cabral

Pelatih: Vincenzo Italiano

Inter Milan (3-5-2): 1-Samir Handanovic; 36-Matteo Darmian, 15-Francesco Acerbi, 95-Alessandro Bastoni (6-Stefan De Vrij 58′); 2-Denzel Dumfries, 23-Nicolo Barella, 77-Marcelo Brozovic, 20-Hakan Calhanoglu (5-Roberto Gagliardini 83′), 32-Federico Dimarco (8-Robin Gosens 68′); 10-Lautaro Martinez (11-Joaquin Correa 83′), 9-Edin Dzeko (90-Romelu Lukaku 58′)

Pelatih: Simone Inzaghi

Wasit: Massimiliano Irrati