Teruslah Terbang Tinggi Garudaku…

Timnas U-22 Indonesia juara sepak bola SEA Games 2023 setelah mengalahkan Thailand dengan skor 5-2. | Ist
Timnas U-22 Indonesia juara sepak bola SEA Games 2023 setelah mengalahkan Thailand dengan skor 5-2. | Ist

FORUM KEADILAN – HARI ini, Jumat, 19 Mei 2023, Timnas U-22 Indonesia akan diarak setelah sukses membawa pulang medali emas sepak bola SEA Games 2023. Arak-arakan bergerak dari Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) menuju Bundaran HI, Jakarta.

Kita memang patut merayakan kemenangan ini setelah 32 tahun menunggu.

Bacaan Lainnya

Ini menjadi medali emas sepak bola ketiga Indonesia dalam SEA Games sejak terakhir kali diraih pada tahun 1987 dan 1991.

SEA Games 1991 Manila kala itu, partai puncak juga mempertemukan Timnas Indonesia versus Thailand. Indonesia menaklukkan Thailand 4-3 lewat adu penalti.

Sejak itu pula Timnas Indonesia seperti menerima kutukan. Tak sekali pun medali emas mampu direngkuh di ajang pesta olahraga negara-negara Asia Tenggara tersebut. Runner Up adalah hasil terbaik.

Kutukan itu pada akhirnya terlepas dari perjuangan luar biasa Garuda Muda.

Berhadapan dengan tim yang dijuluki sebagai Macan Asia Tenggara, Rizky Ridho mempertontonkan mentalitas pemenang.

Banyak drama tercipta. Kelemahan Timnas Indonesia yang kerap mudah diprovokasi lawan tampak jelas di partai puncak itu. Hujan kartu kuning, kartu merah dan perkelahian fisik di luar lapangan menjadi bukti tingginya tensi pertandingan.

Garuda Muda tetap tenang. Mereka sadar sedang diprovokasi. Provokasi dibalas oleh keteguhan pada tujuan. Yakni meraih kemenangan.

Kemenangan yang diperjuangkan, bukan keberuntungan. Hal ini tergambar dari fakta pertandingan bahwa Timnas Indonesia selalu memimpin pertandingan. Papan skor di Olympic Stadium, Phnom Penh, Kamboja menjadi saksinya.

Pluit panjang tanda berakhirnya pertandingan sontak menggerakkan seluruh skuad timnas dan official merayakan kemenangan. Ucapan syukur layak dipanjatkan.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir yang menyaksikan langsung partai puncak tak luput merayakan momentum kemenangan.

Erick membakar semangat juang Garuda Muda.

“Kita itu sering diprovokasi. Ketika diprovokasi kita jatuh. Mereka ingin kita kalah,” ujarnya sebagaimana dilansir dari cuplikan video yang di-posting di sosial media pribadinya.

“Kita dipukul, diinjak, dicurangi. Lawan! Kasih lihat siapa kita, siapa Indonesia,” sergah Erick.

Tak lupa Menteri Badan Usaha Milik Negara tersebut mengapresiasi perjuangan tak kenal Lelah Garuda Muda dan tentunya dukungan rakyat Indonesia yang tak pernah Lelah menjadi bagian dari perjuangan Timnas Indonesia dengan segala dinamikanya.

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang berdoa. Para pemain tentunya bagaimana mereka ditekan, ditekan, balik lagi. Itu bangsa kita, kita harus majukan mental bangsa kita,” kata Erick.

“Pak presiden bilang revolusi mental, kita mulai revolusi mental dari sepakbola kita,” ucap Erick.

Prestasi Garuda Muda di SEA Games Kamboja diharapkan menjadi momentum atau langkah awal kebangkitan Timnas Indonesia sebagai Macan Baru di Kawasan Asia Tenggara.

Rakyat Indonesia tak mau euforia SEA Games Manila 32 tahun silam kembali terulang. Euforia sesaat lalu hilang ditelan duka. Rakyat Indonesia mendambakan Garuda Muda terus terbang tinggi. Di saat bersamaan menukik tajam, mencengkram, mematuk, serta mencabik ketika lawan dan mangsanya datang.

Jayalah terus Garudaku.*