Pihak KKB Ungkap Kondisi Terbaru Pilot Susi Air Usai Status Siaga Tempur

Pilot Susi Air yang disandera KKB Egianus Kogoya.
Pilot Susi Air yang disandera KKB Egianus Kogoya. | Ist

FORUM KEADILAN – Kelompok kriminal bersenjata pimpinan Egianus Kogoya mengungkapkan kondisi pilot Susi Air Kapten Philip Mark Mehrtens yang disandera sejak awal Februari lalu.

Selain mengungkapkan kondisi sang pilot, pihak KKB juga meminta agar pemerintah Indonesia menghentikan serangkaian kegiatan yang dilakukan aparat terkait operasi militer di Papua.

Bacaan Lainnya

Jubir KKB Sebby Sambom mengklaim aparat militer tengah melakukan pemboman di wilayah Ndugama.

“Dia secara langsung bicara bahwa dia baik-baik dan sehat, namun khawatir karena tentara dan polisi Indonesia sedang melakukan pemboman yang masif di wilayah Ndugama dan hal itu membahayakan dia dan semua orang yang berada di wilayah Ndugama, Papua,” ujar Sebby dalam keterangannya pada Rabu, 26/4/2023.

Sebby juga memastikan informasi dari Panglima Komando Daerah Pertahanan III Ndugama Derakma Brigadir General Egianus Kogoya yang menyatakan bahwa Philip masih hidup dan sehat.

Selain itu, Sebby juga melampirkan video yang terlihat Philip tengah duduk dan diapit dua milisi.

Dalam video yang berdurasi 1 menit 38 detik itu, Philip mengatakan bahwa dirinya dalam keadaan sehat.

Selain itu, ia juga meminta pemerintah untuk tidak melepaskan bom di wilayah tersebut lantaran membahayakan dirinya dan orang-orang di sana.

Sebby kembali menegaskan agar pemerintah mengedepankan negosiasi dalam permasalahan ini.

“Kami tegaskan bahwa pembebasan pilot harus melalui negosiasi, tidak melalui operasi militer. Oleh karena itu, Presiden Indonesia Joko Widodo harus hentikan operasi militer di Ndugama dengan segera, tidak membahayakan nyawa pilot asal Selandia Baru ini,” ujarnya.

Panglima TNI naikkan status operasi jadi siaga tempur

Panglima TNI Laksamana Yudo Margono menaikkan status operasi militer di Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan menjadi siaga tempur.

Hal ini ia ungkapkan ketika berkunjung ke Kabupaten Mimika, Papua Tengah dalam rangka evaluasi operasi militer di wilayah tersebut pada Selasa, 18/4/2023.

Peningkatan status menjadi siaga tempur ini karena penyerangan kelompok kriminal bersenjata (KKB) terhadap sejumlah prajurit TNI yang terlibat dalam operasi penyelamatan pilot Susi Air, Kapten Philip Mark Mehrtens.

Diketahui, Kapten Philip sudah disandera oleh pihak KKB sejak 7 Februari 2023 usai insiden pembakaran pesawat.

Upaya penyelamatan pun terus dilakukan dan diterjunkan 36 prajurit TNI di Distrik Mugi, Kabupaten Nduga untuk melakukan patroli pencarian.

Awalnya, Yudo menyebut pihaknya mengupayakan negosiasi damai, namun tiba-tiba prajurit diserang oleh KKB.

“Barangkali kita bisa laksanakan untuk komunikasi, koordinasi supaya (pilot Susi Air) diserahkan, mungkin tidak perlu dengan kekerasan, harapan kita seperti itu. Tapi ternyata belum sampai sana, di jalan sudah dihadang dan ditembaki seperti itu,” ujarnya dalam konferensi pers di Lanud Yohanis Kapiyau Timika, Papua Tengah, Selasa, 18/4/2023.

Akibat kontak tembak tersebut, seorang prajurit Kostrad dari Satuan Tugas (Satgas) Batalyon Infanteri (Yonif) Raider 321/Galuh Taruna, Pratu Miftahul Arifin, gugur.*