Tren Modest Fashion 2023, Motif Monogram Hingga Nuansa Eart Tone

Tren Modest Fashion 2023,
Tren Modest Fashion 2023.| ist

FORUM KEADILAN – Motif monogram hingga nuansa eart tone diprediksi bakal menjadi tren busana Muslim atau modest fashion pada tahun ini. Modest fashion memang mengalami perkembangan yang pesat dalam beberapa tahun terakhir.

Muliani Alif Lakoreasa, founder dari Donna Prive, jenama modest fashion Indonesia mengatakan, berdasarkan laporan The State Global Islamic Ecomony, konsumsi fesyen Muslim dunia mencapai 270 miliar dollar AS, terus meningkat dengan laju pertumbuhan lima persen.

Pada tahun ini, diprediksikan angka tersebut akan mencapai 361 miliar dollar AS. Dengan kata lain, baik di Indonesia atau di seluruh dunia, kehadiran modest fashion ini pun semakin diterima dan turut menyita perhatian banyak pencinta mode.

“Perkembangan modest fashion Indonesia saat ini sudah mulai terlihat dampak positifnya,” kata Muliani melalui keterangan persnya.

“Ragam variasi dan inovasi dalam selalu diutamakan dalam dunia modest fashion inilah yang tentunya akan membawa banyak dampak positif bagi ekonomi untuk masyarakat Indonesia,” sambung Muliani.

Memahami tren ini, Donna Prive juga terus berupaya menghadirkan lini modest fashion kasual ataupun luxury di setiap koleksinya. Seperti pada koleksi barunya yang bertajuk Madina Series yang sengaja dirancang dengan warna dan corak yang sesuai.

Koleksi Madina Series lahir dengan kombinasi indah dari warna yang cerah dan anggun serta motif yang terinspirasi dari desain arsitektur jendela Al Masjid An Nabawi di kota Madinah, Arab Saudi.

Muliani menjelaskan, Madina series ini datang dengan paket premium lengkap, yang terdiri dari dari one set, dress, serta kemeja yang menggunakan bahan berkualitas.

Busana tersebut juga cocok dipakai untuk beberapa acara, baik formal hingga acara informal sekalipun. Ada sekitar delapan looks dalam koleksi terbaru ini dan ditampilkan dalam fashion show yang diadakan di Neptunus Ballroom, Galaxy Hotel Banjarmasin di akhir tahun lalu.

“Harapan ke depannya adalah semoga di tahun 2023 ini industri modest fashion Indonesia akan semakin maju lagi di tengah kembalinya geliat perekonomian Indonesia,” ungkap Muliani.

“Semakin banyak lagi kolaborasi yang saling menginspirasi di antara satu sama lainnya, sehingga nantinya kita tidak kalah saing dengan produk-produk mancanegara,” tambahnya.

Soal tren busana Muslim di Indonesia sepanjang tahun 2023, Muliani mengatakan ada sejumlah model busana yang diprediksi akan digemari masyarakat. Berikut ulasan selengkapnya.

1.Warna-warna cerah dan earth tone

Setelah tahun lalu diramaikan dengan busana bernuansa pastel, di tahun 2023 tren modest fashion hadir dengan pilihan yang beragam. Misalnya warna cerah kemungkinan akan semakin diminati, seperti fiery red, empire yellow, hingga pink dan biru cerah.

Kemudian busana modest bernuansa earth tone juga bakal mendominasi tren modest fashion di tahun mendatang.

2. Koleksi ready to wear

Jika di tahun-tahun sebelumnya busana Muslim kerap dikenakan untuk berbagai acara tertentu, tapi di sepanjang tahun 2023, Muliani berpendapat kalau koleksi ready to wear bakal semakin diminati.

Koleksi ready to wear itu tak cuma siap pakai dan praktis, tapi kegunaannya cocok dipakai dalam keseharian. Tampaknya akan semakin banyak orang yang tampil lebih gaya mengenakan busana modest untuk beraktivitas sehari-hari. Bahkan tak menutup kemungkinan, model pakaian yang muncul juga tak melulu dalam bentuk terusan.

Tapi bisa juga berupa blouse, dress dan jenis busana wanita yang lain dan tentunya menutupi beberapa bagian tubuh. Tren busana modest mungkin dapat menonjolkan satu pakaian atau statement yang dikombinasi dengan bawahan seperti celana atau rok.

3. Motif monogram

Model busana modest dengan motif monogram juga diprediksi akan semakin naik daun karena fungsionalnya yang dapat dikombinasi dengan statement fesyen apapun.

Motif monogram dapat memberikan kesan yang lebih santai, tapi tetap terlihat elegan dan universal. *