Seperti Film, Polisi Ini 14 Tahun Menyamar Jadi Wartawan

GRAFIS Rahmad Fadjar Ghiffari - Forum Keadilan

FORUM KEADILAN РSosok polisi Umbaran Wibowo mendadak jadi pembicaraan secara nasional. Seperti kisah di film atau novel spionase, polisi yang kini berpangkat inspektur satu tersebut melakukan  penyamaran sebagai wartawan.

Tak tanggung-tanggung, Umbaran menyamar sebagai kontributor TVRI di wilayah Pati, Jawa Tengah selama 14 tahun. Aksi pria berusia 38 tahun itu baru diketahui setelah dia dilantik sebagai Kapolsek Kradenan, Blora, Jawa Tengah pada Senin, 12/12/2022.

Direktur Utama TVRI Iman Brotoseno mengatakan, TVRI sama sekali tidak mengetahui bahwa Umbaran merupakan seorang polisi intel.

“TVRI Jawa Tengah benar-benar tidak tahu kalau Saudara Umbaran adalah anggota intel,” kata Iman Brotoseno.

Menurut Iman, selama menjadi kontributor, Umbaran tidak memiliki kewajiban untuk hadir di kantor. “Dia bisa mengirim berita dari mana saja,” jelas Iman.

Iman menambahkan, Umbaran telah mengajukan pengunduran diri dari TVRI pada Oktober 2022.

“Saudara Umbaran Wibowo mengajukan pengunduran diri dengan alasan akan mendapatkan jabatan terbuka, yang kelak kemudian hari (diketahui) Umbaran Wibowo berpangkat iptu dan diangkat menjadi Kapolsek Kradenan, Blora,” beber Dirut TVRI.

Iman memastikan bahwa Umbaran bukan pegawai tetap TVRI. Maka, lulusan pendidikan bintara intelijen khusus tersebut tidak memiliki keterikatan dengan TVRI.

Hal senada dikatakan Kabid Humas Polda Jateng Komisaris Besar Iqbal Alqudussy. Dia menerangkan, selama menyamar, status Umbaran bukan sebagai pegawai tetap TVRI.

“Dia pernah ditugaskan melaksanakan tugas intelijen di wilayah Blora,” jelas Iqbal dalam keterangan tertulis, Rabu, 14/12/2022.

Iqbal membantah isu pencopotan Iptu Umbaran dari jabatan kapolsek karena penyamarannya terbongkar. “Isu pencopotan yang bersangkutan (Umbaran) dari jabatannya selaku kapolsek tidak benar. Saat ini dia masih melaksanakan tugas di jabatan barunya Kapolsek Kradenan,” jelas Iqbal.

Umbaran memulai karier di kepolisian pada awal 2008 setelah lulus pendidikan bintara intelijen khusus dengan pangkat brigadir polisi dua (bripda). Setahun bertugas, Umbaran naik pangkat menjadi brigadir polisi satu (briptu).

Pada 2013, pangkatnya naik lagi menjadi brigadir polisi (brigpol). Umbaran naik pangkat menjadi brigadir polisi kepala (bripka) pada 2017.

Setahun kemudian, dia mengikuti Pendidikan Pengembangan Spesialisasi Perwira Pertama Dasar Intelijen. Pada tahun yang sama, 2018, Umbaran resmi menjadi perwira polisi dengan pangkat inspektur polisi dua (ipda). Dia lalu ditempatkan di Direktorat Intelkam Polda Jateng.

Jabatan selanjutnya yang diemban Umbaran sebagai berikut:
– Pama Polres Blora (Januari 2021)
– Kanit VI Sat Intelkam Polres Blora (Februari 2021)
– Kanit I Sat Intelkam Polres Blora (Juni 2021)
– Wakapolsek Blora (Juni 2022)
– Kapolsek Kradenan (Desember 2022)*