Demo di Patung Kuda, Buruh juga Tolak KUHP Baru

Ilustrasi demo buruh. (IST)

FORUM KEADILAN – Sejumlah elemen buruh akan melakukan demonstrasi di kawasan Patung Kuda, Jakarta Pusat, Sabtu, 10/12/2022.

Presiden Partai Buruh Said Iqbal Aksi tersebut untuk memperingati Hari Hak Asasi Manusia (HAM) sedunia.

Bacaan Lainnya

“Partai Buruh bersama organisasi serikat buruh dan petani bermaksud menyelenggarakan aksi unjuk rasa untuk memperingati Hari Hak Asasi Manusia (HAM) sedunia di Istana Negara,” ujar Presiden Partai Buruh Said Iqbal dalam keterangan pers yang diterima, Jumat, 9/12/2022.

Seperti elemen-elemen lainnya, buruh pun ikut menyuarakan penolakan KUHP yang baru disahkan.

Berikut 9 tuntutan dalam demo:

  1. Tolak UU KUHP
  2. Tolak omnibus law UU Cipta Kerja
  3. Land Reform – Reforma Agraria dan Kedaulautan Pangan
  4. Sahkan RUU Perlindungan Pekerja Rumah Tangga (PPRT)
  5. Tolak upah Murah
  6. Tolak Outsourcing
  7. Perjuangkan Jaminan Sosial: Meliputi jaminan makanan, pendidikan, perumahan, air bersih, pengangguran
  8. Berantas Korupsi
  9. Usut tuntas semua kasus pelanggaran HAM yang sudah di rekomendasi oleh komnas HAM.

Polisi Siapkan 1.273 Personel

Polisi pun menyiagakan 1.273 personel untuk pengamanan. “Tadinya karena ada juga beberapa kegiatan yang sedang berlangsung, sementara yang diterjunkan ada 1.273 personel,” ujar Kapolres Metro Jakarta Pusat Kombes Komarudin ketika dihubungi wartawan, Sabtu, 10/12/2022.

Komarudin menyebut jumlah tersebut bukan terpusat untuk mengamankan aksi demonstrasi di Patung Kuda. Personel itu akan ditempatkan di wilayah Jakarta Pusat untuk mengamankan kegiatan lainnya.

“Bukan, karena ada kegiatan juga yang berlangsung, di GBK juga ada kegiatan,” kata dia.

Komarudin mengatakan akan mengantisipasi adanya penyusup dalam aksi kali ini. Hal itu dilakukan agar aksi demonstrasi kali ini berjalan tertib.

“Iya betul. Dalam setiap kegiatan ya itu termasuk dalam salah satu hal yang utama yang kita antisipasi sehinga tidak merusak ataupun tidak mengotori jalannya menyampaikan pendapat yang memang tentu diniatkan secara tertib, aman, damai,” kata dia.

Komarudin menyebut aksi demonstrasi ini akan berpusat di Patung Kuda, Jakpus. Sedangkan massa yang akan berdemo berasal dari dua kelompok buruh.

“Demo hari ini memang akan berada di terpusat dua-duanya dari dua kelompok buruh ya. Akan terpusat di patung kuda. Jadi kelompok buruh pimpinan Said Iqbal sama dari Gebrak juga Nining Elitos,” ujarnya.

Komarudin mengatakan para demonstran dari kalangan buruh memang selalu melakukan aksi demonstrasi dengan tertib. Meski begitu, dirinya tetap mengimbau para demonstran agar melakukan aksi unjuk rasa dengan tertib.

“Dan kebetulan hari ini yang akan menyampaikan aksi, saudara-saudara kita dari kelompok buruh yang memang selama ini juga kelompok buruh itu cukup tertib ya. Namun tentunya kita tetap berikan imbauan-imbauan agar bisa sesuai dengan konsep pengawalan dan pelayanan yang kita siapkan, sehingga tidak berdampak pada akses jalan,” katanya.*