Waspada! Hindari Modus-modus Ini saat Umrah

Ka'bah
Ka'bah | ist

FORUM KEADILAN – Bagi Anda yang pertama kali melaksanakan umrah, mungkin ada beberapa hal yang belum Anda ketahui. Anda perlu waspada terhadap segala sesuatunya saat berada di sana.

Akun Instagram @as_ad_romy membagikan beberapa hal yang perlu Anda waspadai saat melaksanakan umrah, guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Bacaan Lainnya

Langsung saja, simak penjelasan berikut ini.

1. Tempat Tawaf

Anda mungkin akan bertemu dengan seseorang yang tidak Anda kenal yang menawarkan bantuan untuk mencium Hajar Aswad.

Jika Anda menerima tawaran tersebut dan berhasil mencium Hajar Aswad, Anda akan diminta membayar dengan nominal yang sangat besar (sekitar Rp2-3 juta).

Meski Anda bersikeras untuk tidak membayar, orang tersebut akan terus mengikuti sampai Anda membayar atau memberikan barang berharga Anda.

Baru setelah itu, mereka akan berhenti mengikuti Anda. Anda tentu tidak ingin hal ini terjadi pada diri Anda, bukan?

2. Setelah Sai akan Tahalul

Di area sekitar Sai, Anda mungkin akan menemui orang-orang yang membawa gunting dan menawarkan jasa tahalul.

Jika Anda menerima tawaran tersebut, Anda akan diminta membayar sebesar 50 riyal (sekitar Rp200 ribu). Bayangkan, Anda harus mengeluarkan uang sebanyak itu hanya untuk memotong tiga helai rambut.

3. Ini Bukan Modus, Melainkan Edukasi

Jika ada petugas berseragam yang mendekati para jamaah dan mengucapkan salam kepada Anda, salam tersebut bisa menjadi kode bahwa mereka menginginkan sesuatu dari Anda.

Jika Anda ingin memberikan uang, jangan buka dompet di depan mereka. Anda akan dianggap sedang bersedekah, dan dengan cepat akan dikerumuni oleh orang-orang.

Jika hal ini terjadi, dikhawatirkan uang Anda bisa habis.

Waspada di manapun Anda berada, luruskan niat dan tujuan Anda. Semoga Anda dapat pergi umrah atau haji. Semoga bermanfaat!*

Laporan Amanah Suci