Eks Penyidik KPK Yakin Harun Masiku Akan Tertangkap

Mantan Ketua Wadah Pegawai (WP) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Yudi Purnomo Harahap
Mantan Ketua Wadah Pegawai (WP) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Yudi Purnomo Harahap | ist

FORUM KEADILAN – Mantan penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Yudi Purnomo Harahap optimis tim penyidik tambahan yang diketuai oleh Kasatgas Penyidikan AKBP Rossa Purbo Bekti mampu menangkap tersangka kasus suap dengan penetapan calon anggota DPR RI terpilih periode 2019-2024, Harun Masiku (HM).

Yudi memandang, Rossa memiliki beberapa pengalaman menangkap para tersangka kasus korupsi. Bahkan ketua penyidik itu pernah melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap komisioner yang melibatkan HM.

Bacaan Lainnya

“Di bawah kepemimpinan Kasatgas Penyidikan AKBP Rossa Purbo Bekti bisa menangkap Harun Masiku. Selain berpengalaman, Rossa pernah menangkap DPO kasus korupsi seperti Samin Tan, Nurhadi, Rezky Herbiyono, dan Hiendra Soenjoto. Rossa juga pernah terlibat sebagai penyelidik dalam OTT suap komisioner yang melibatkan Harun Masiku,” ucapnya, melalui keterangan tertulis, Selasa, 18/6/2024.

Menyoroti penyitaan yang dilakukan penyidik KPK Rossa, terhadap saksi Sekertaris Jemdral (Sekjen) PDI Perjuangan (PDIP) Hasto Kritiyanto, dan salah satu staf-nya, dianggap satu hal yang sudah dipertimbangkan.

Menurut Yudi, sebagai seorang penyidik profesional, Rossa tentu telah melakukan analisis digital forensik terhadap ponsel milik Sekretaris Jenderal (Sekjen) PDIP Hasto Kristiyanto yang disita beberapa waktu lalu.

Apabila hasil dari pemeriksaan ponsel tersebut ditemui adanya dugaan keterkaitan pelarian HM, maka, pemilik harus dimintai keterangan lebih lanjut.

“Sehingga, cepat atau lambat tentu Hasto dan Kusnadi (ajudan Hasto) akan diperiksa kembali untuk ditanyakan kembali terkait isi ponsel. Apakah tentang percakapan, gambar, video atau rekaman suara dan lainnya,” tuturnya.

Kemudian Yudi menilai, adanya huru-hara berita tentang akan tertangkap-nya tersangka HM, justru malah mempersulit KPK dalam melakukan penangkapan. Sebab HM dan oknum yang terlibat dalam penyembunyian tersangka akan membuat strategi baru untuk melarikan diri.

“Harun Masiku dan orang orang yang menyembunyikan dan membiayainya, tentu akan mencari strategi lain untuk bersembunyi. Apalagi sudah empat tahun tidak tersentuh,” imbuhnya.*

Laporan Ari Kurniansyah