Kasus Ancaman dan Pemerasan Rp300 Juta ke Ria Ricis Naik Penyidikan

Ria Ricis
Ria Ricis | Instagram @riaricis1795

FORUM KEADILAN – Kasus dugaan pengancaman dan pemerasan yang ditujukan kepada artis yang juga YouTuber Ria Ricis (RR) naik ke penyidikan.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Ade Ary Syam Indradi mengatakan, peningkatan status hukum tersebut usai tim penyidik melakukan pemeriksaan sejumlah saksi dan gelar perkara pada Senin, 10/6/2024 kemarin.

Bacaan Lainnya

“Beberapa saksi sudah diperiksa kemarin hari Senin, penyelidik sudah meningkatkan status penanganannya menjadi penyidikan karena ada dugaan tindak pidana,” katanya kepada media di kawasan Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Selasa, 11/6.

Ade menuturkan, saat ini pihaknya sedang melakukan pemeriksaan pengamanan barang bukti. Kemudian, juga melakukan pendalaman terhadap korban penerima ancaman melalui WhatsApp dari dua nomor handphone yang berbeda.

“Ini masih terus didalami dua nomor handphone dan satu rekening bank swasta,” ucapnya.

Ade mengungkapkan, modus pelaku pengancaman adalah meminta uang sebesar Rp300 juta dari korban (RR) lalu dikirimkan ke sebuah nomor rekening dengan inisial J. Korban diancam akan disebarkan dokumen pribadinya apabila tidak mengirimkan uang tersebut.

Adapun, Ade menegaskan bahwa isi ancaman tersebut bukan berupa konten foto maupun video tidak senonoh.

“Jadi korban diancam akan disebarkan dokumen pribadinya apabila tidak memberikan Rp300 juta rupiah, kemudian berdasarkan keterangan korban ancaman penyebaran dokumen pribadi oleh pengancam ini ada foto dan video pribadinya, tetapi bukan foto dan video syur ya,” tegasnya.

Di sisi lain, Ria Ricis menjelaskan melalui Instagram Stories-nya bahwa foto dan video yang diancam pelaku akan disebarkan merupakan foto selfie tanpa hijab serta video nge-gym dengan pakaian minim.

“Foto selfie no hijab, video nge-gym aku dengan pakaian minim itu yang mau dia sebar,” ungkap Ria Ricis.

Ria Ricis juga mengaku mengetahui siapa terduga pelaku yang mengancamnya.

“Iya, aku kenal orangnya. Kita punya hubungan baik dulu,” ungkapnya.

“Bahkan dr awal aku ga pernah notice nama dia waktu polda sebut ciri2 nya saking ak berpikir positif. Lalu aku pernah kasih hp ku ke dia. Dan ternyata jadi disalah gunakan… Untuk kalian semua orang baik, sehat2 kalian,” sambungnya lagi.

Sementara itu, saat ditemui wartawan di Polda Metro Jaya, Ria Ricis menjelaskan bahwa pengancaman ini bukan hanya menimpanya.

“Bukan ke saya saja, tapi ada di beberapa pihak kayak tim manajemen bahkan keluarga bahkan orang-orang terdekat juga jadi kena imbasnya. Saya berharap tim penyidik bisa menemukan pelakunya di Polda Metro Jaya Siber ini,” ungkap Ria Ricis di Polda Metro Jaya, Senin, 10/6.*

Laporan Ari Kurniansyah