KPK Ungkap Alasan Gencar Periksa Saksi Terkait Kasus Harun Masiku

Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta Selatan, Rabu, 13/3/2024 | Novia Suhari/Forum Keadilan

FORUM KEADILAN – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang belakangan ini kembali melakukan pemeriksaan kepada sejumlah saksi terkait kasus korupsi yang menyeret PDIP Harun Masiku.

KPK mengungkapkan bahwa alasan pemeriksaan kepada saksi karena adanya informasi baru yang diperoleh.

Bacaan Lainnya

“Jadi, bukan karena hal lain. Tapi, karena ada informasi baru. Ya, wajib bagi kami untuk menindaklanjuti, itu saja,” ujar Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri kepada wartawan, Jumat, 7/6/2024.

Ia mengungkapkan, terdapat tiga orang saksi yang diperiksa KPK dan salah satunya adalah mahasiswa. KPK bahkan akan melangsungkan pemeriksaan terhadap Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto terkait kasus Harun Masiku.

“Kan kemarin tiga orang lebih sudah dilakukan pemanggilan dan pemeriksaan. Berikutnya hari Senin juga nanti kami memanggil pihak yang diduga ada kaitannya dengan hal tersebut, sehingga tentu kami mengkonfirmasinya,” terangnya.

Namun, KPK membantah terkait pemeriksaan saksi kasus Harun Masiku hanyalah sebuah gimmick belaka. Ali juga belum dapat memberi tahu keberadaan Haru Masiku sampai dengan saat ini.

“Di mana pun keberadaannya itulah yang sedang kami dalami dari beberapa pihak yang informasi ini. Kan, informasi baru ya pihak-pihak yang sebelumnya belum pernah dipanggil dalam pemeriksaan kasus korupsi atau pun pencarian,” tambahnya.

Sebelumnya, KPK memberikan update mengenai pencarian tersangka kasus korupsi Harun Masiku.

Diketahui, status Harun saat ini sudah empat tahun lebih menyandang status Daftar Pencarian Orang (DPO) alias buron. KPK menetapkan mantan caleg DPR dari PDIP tersebut sebagai buronan sejak 29 Januari 2020.*