LPSK Bakal Bangun Rumah Tahanan Bagi Justice Collaborator

etua LPSK periode 2024-2029, Brigjen Achmadi di Kantor LPSK, Jakarta Timur, Rabu, 22/5/24. | Novia Suhari/Forum Keadilan
etua LPSK periode 2024-2029, Brigjen Achmadi di Kantor LPSK, Jakarta Timur, Rabu, 22/5/24. | Novia Suhari/Forum Keadilan

FORUM KEADILAN – Mantan Ketua Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) Periode 2019-2014, Hasto Atmojo Suroyo, mengungkapkan LPSK sedang mendiskusikan untuk membangun rumah tahanan bagi Justice Collaborator, dengan Kementerian Politik, Hukum dan HAM (Kemenkopolhukam).

Dalam pidatonya di acara Serah Terima Jabatan Pimpinan LPSK Periode 2024-2029, Hasto mengatakan saat ini rencana tersebut disetujui dan sedang digodok bersama Kemenkopolhukam dan jajaran terkait.

Bacaan Lainnya

“LPSK juga berencana membangun Rumah tahanan bagi Justice Collaborator, dan masih dalam tahap digodok, dan berharap pemerintahan cepat untuk mengesahkan hal tersebut,” katanya di Kantor LPSK, Jakarta Timur, Rabu, 22/5/24.

Selaras dengan Hasto, Ketua LPSK periode 2024-2029, Brigjen Achmadi, juga mengatakan hal serupa.

“Masih didiskusikan, on going discuss, belum tau dibangun di mana karena masih dibicarakan, ya kami ingin segera,” pungkasnya.

Sebelumnya pada saat pelantikan menjadi Ketua LPSK, Achmadi juga menuturkan peraturan mengenai Justice Collaborator masih sangat panjang termasuk dalam kasus narkotika.

“Penyelesaian peraturan JC untuk dikoordinasikan panjang, ini penting lalu bagaimana yang diharapkan,” katanya, Senin, 20/5/24.

Ia menilai peran LPSK termasuk dalam perlindungan JC dan  lain sangat penting untuk mengungkap tindak pidana secara menyeluruh demi mengungkap keadilan.

“Strategi ini menjadi penting untuk kita dorong bersama,” tandasnya.*

Laporan Novia Suhari