Golkar Sebut Dukungan KIM ke Khofifah-Emil Cukup untuk Menangkan Pilgub Jatim

Partai Golkar resmi mengusung Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak untuk Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2024 | Instagram @golkar.indonesia
Partai Golkar resmi mengusung Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak untuk Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2024 | Instagram @golkar.indonesia

FORUM KEADILAN – Partai Golkar resmi memberikan dukungan kepada Khofifah Indar Parawansa dan Emil Dardak, untuk maju di Pilkada Jawa Timur (Jatim) 2024.

Menurut Ketua Umum (Ketum) Partai Golkar Airlangga Hartarto, Khofifah-Emil juga didukung oleh Partai-partai Koalisi Indonesia Maju (KIM) pendukung Prabowo-Gibran di Pilpres 2024.

Bacaan Lainnya

Airlangga mengatakan bahwa Partai KIM selain Golkar, yakni Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional atau PAN, dan Partai Demokrat juga akan mengusung Khofifah-Emil.

“Kami sudah komunikasi dengan Koalisi Indonesia Maju yang seluruhnya punya calon yang sama,” ujarnya setelah memberikan dukungan kepada Khofifah-Emil di rumah dinasnya, Widya Chandra, Jakarta Selatan pada Jumat, 17/5/2024 malam.

Ia menyatakan dukungan KIM untuk pasangan Khofifah-Emil cukup untuk memenangkan Pilgub Jatim pada November 2024 nanti.

“Nah, kalau kita lihat di Jawa Timur, Koalisi Indonesia Maju ini punya 52 kursi (di DPRD), jadi cukup,” lanjutnya.

Namun, Airlangga mengatakan pihak akan tetap membuka peluang bagi partai-partai lainnya untuk ikut mengusung Khofifah-Emil. Tetapi, ia tak memberikan komentar ketika dirinya ditanyakan mengenai komunikasi dengan Partai di luar KIM untuk ikut mendukung Khofifah-Emil, contohnya PDIP.

Ia menjelaskan Partainya tidak menargetkan perolehan suara tertentu untuk Khofifah-Emil di Pilkada Jatim. Menurutnya, target yang dimiliki adalah menang. Airlangga tidak mempermasalahkan mengenai perolehan suara selama mereka dapat mengungguli pasangan lainnya di Pilgub.

Ia menyebut Pilkada 2024 akan menjadi kedua kalinya bagi Golkar mendukung Khofifah-Emil setelah ikut mengusung mereka di Pilkada 2019.

“Jadi Partai Golkar konsisten terhadap pasangan (Khofifah-Emil) di Jawa Timur,” sebutnya.

Menurutnya, keduanya sudah berhasil untuk mengurusi Provinsi Jawa Timur selama memerintah yang salah satunya adalah dengan menurunkan kemiskinan ekstrim dan penanganan pandemi Covid-19 yang baik di wilayah tersebut.*