7 Life Hacks yang Mungkin Belum Kamu Tahu

Life hacks
Life hacks | ist

FORUM KEADILAN – Istilah life hacks sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat milenial, karena kata tersebut sering muncul di berbagai media sosial. Life hacks merupakan ide dan cara-cara mudah untuk menyelesaikan berbagai masalah.

Menurut kamus Oxford, life hacks diartikan sebagai strategi atau teknik untuk mengelola waktu dan pekerjaan sehari-hari dengan lebih efisien.

Bacaan Lainnya

Berikut tujuh life hacks yang mungkin belum kamu tahu.

1. Hapus Noda Highlighter

Kamu pasti pernah memberikan highlighter pada buku bacaanmu, kan? Kemudian kamu memberikan highlighter pada kalimat yang tidak seharusnya. Tapi, ketika ingin menghapus tanda itu, kita sering kali bingung bagaimana caranya.

Ternyata, solusinya cukup sederhana. Kamu hanya perlu menyiapkan jus lemon.

Potong lemon menjadi dua, dan ambil jusnya dengan menggunakan kapas atau cotton bud. Usapkan pada teks yang disoroti, dan voila… warna dari tanda itu akan memudar.

2. Cermin Bebas Kabut

Cermin kamar mandimu tampak berembun sehabis kamu mandi dengan air panas, sehingga membuat kamu mengelap kaca tersebut berkali-kali?

Jangan khawatir, coba lah memberi sedikit car wax pada kaca, lalu biarkan mengering. Selanjutnya, gosok dengan kain kering yang lembut. Hal itu akan mencegah cermin kamar mandimu berembun.

3. Membersihkan Cat di Karpet

Saat kamu sedang merombak warna dinding rumahmu, kejadian yang tidak diinginkan terjadi: cat tumpah tepat di karpetmu.

Namun, sebelum kamu langsung memikirkan untuk menggantinya, coba tuangkan sedikit alkohol yang sudah didenaturasi ke kain lap, lalu gosok cat yang terkena karpet.

Pastikan kain lap yang kamu gunakan memiliki warna yang serupa dengan karpet, karena alkohol dapat memindahkan sebagian warna kain ke karpet.

4. Hapus Permen Karet dari Karpet

Jika terdapat permen karet yang menempel pada karpet, kamu perlu membekukan agar bisa mengeluarkan permen karet tersebut dengan cepat dan rapih. Berikut caranya:

  • Tempatkan plastik yang berisi es batu di atas permen karet, lalu tunggu sekitar setengah jam;
  • Ketika permen karet sudah membeku atau mengering, pecahkan dan keluarkan dari karet. Tada, tidak ada jejak yang tertinggal.

5. Hapus Spidol Permanen pada Papan Tulis

Jika gurumu meminta untuk menghapus papan tulis yang berisi spidol permanen, yang perlu kamu lakukan ialah menyiapkan spidol yang bukan permanen atau menggunakan produk anti nyamuk, seperti sari puspa, soffell atau merek lain.

Jika kamu menghilangkan bekas spidol permanen pada papan tulis, kamu perlu menulis kembali pada tulisan spidol permanen tersebut dengan spidol yang bukan permanen. Kemudian kamu lap tulisan dengan spidol permanen tidak akan terlihat lagi.

Jika kamu menghilangkan bekas spidol permanen dengan sari puspa, maka beri lah secukupnya pada papan tulis. Setelahnya, kamu lap dengan lap bersih.

Kini papan tulis kamu akan kembali bersinar.

6. Simpan Jahe di Dalam Freezer agar Tahan Lebih Lama

Untuk menjaga kesegaran jahe lebih lama, simpan lah jahe di dalam freezer. Mulai lah dengan memotong jahe yang dibutuhkan menjadi potongan tidak terlalu tebal dan tidak terlalu tipis.

Selanjutnya, letakkan potongan jahe ke dalam wadah dan masukkan ke dalam freezer.

7. Cegah Laba-laba Masuk dengan Air dan Minyak Peppermint

Kamu suka menonton Spider-Man, tapi tidak begitu suka dengan laba-laba? Kamu merasa risih ketika laba-laba sering muncul tiba-tiba?

Tenang saja, kamu hanya perlu menyemprotkan campuran air dan minyak peppermint di jendela dan pintu. Ini akan mencegah hewan melata yang menyeramkan itu masuk ke dalam rumahmu.

Itu lah beberapa life hacks yang mungkin belum kamu tahu. Barangkali life hacks berikut dapat kamu terapkan untuk menyederhanakan hidupmu.

Selamat mencoba!*

Laporan Amanah Suci