PKS Gelar Rapat Majelis Syuro Juni, Tentukan Oposisi atau Gabung Prabowo-Gibran

Anggota Komisi II DPR RI Fraksi PKS Mardani Ali Sera, di Gedung DPR/MPR RI, Selasa, 14/5/2024. I Novia Suhari/Forum Keadilan
Anggota Komisi II DPR RI Fraksi PKS Mardani Ali Sera, di Gedung DPR/MPR RI, Selasa, 14/5/2024. I Novia Suhari/Forum Keadilan

FORUM KEADILAN – Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera mengungkapkan bahwa penyelenggaraan Rapat Majelis Syuro PKS bakal digelar pada bulan Juni 2024.

“Mungkin bulan depan. Tapi nanti akan dikabari,” ujar Mardani di Kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Selasa, 14/5/2024.

Bacaan Lainnya

Mardani menyebut nantinya Forum Majelis Syuro akan menentukan keputusan PKS untuk menjadi oposisi atau bergabung ke pemerintahan Prabowo-Gibran nantinya.

“Kalau saya oposisi,” ucap Mardani.

Diketahui, PKS bersama dengan NasDem dan PKB mengusung pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN) di Pilpres 2024. Tetapi, pasangan ini mengalami kekalahan di Pilpres 2024 dari pasangan Prabowo-Gibran

Sebelumnya, Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu menanggapi penolakan dari Partai Gelora untuk bergabung bersama di pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Syaikhu mengatakan, PKS tidak masalah jika ditolak dan harus berada di luar pemerintahan. Karena bagi dia, PKS sudah berpengalaman sebagai partai oposisi.

“Bagi kami enggak masalah, mau di luar, di dalam, kami punya pengalaman tersendiri ya,” kata Syaikhu usai menghadiri acara pembubaran Timnas AMIN di kediaman Anies Baswedan, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Selasa, 30/4/2024.

Menurut Syaikhu, dirinya juga tidak bisa memutuskan secara sepihak untuk mengambil langkah politik. Bagi dia, keputusan untuk berada di dalam maupun di luar pemerintahan itu ditentukan oleh Majelis Syura.

“Saya sebagai presiden PKS akan melaksanakan apapun kebijakan yang akan diambil oleh Majelis Syura,” ungkapnya.*