Gerindra Ungkap Ridwan Kamil Dipertimbangan di Pilkada Jakarta

Ridwan Kamil
Ridwan Kamil | Ist

FORUM KEADILAN – Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra Ahmad Muzani mengungkapkan bahwa nama Ridwan Kamil (RK) dipertimbangkan pihaknya untuk maju di Pilkada Jakarta dan Muzani mengatakan arahnya sudah ke sana tinggal mempertimbangkan pilihan wakilnya.

“Ya arahnya sudah cukup tapi kan ada beberapa pilihan untuk wakil dan seterusnya. Jadi saya kira itu yang sedang dipikirkan sebentar,” ujar Muzani di Gedung DPR RI, Jakarta Pusat, Minggu, 12/5/2024.

Bacaan Lainnya

Muzani menyebut pihaknya pada saat ini sedang membidik beberapa nama untuk Pilkada 2024 dan untuk wilayah Jawa Timur, Khofifah telah diusung oleh Partai Gerindra.

“Jawa Timur sudah selesai, kita akan fokus pada pemenangan Ibu Khofifah, Jawa Tengah, Jawa barat, termasuk DKI Jakarta. DKI Jakarta kita perlu waktu sedikit untuk mengambil kesimpulan siapa yang akan kita majukan,” ujarnya.

Muzani mengatakan untuk Pilkada DKI Jakarta beberapa nama baik internal Partai dan eksternal dipertimbangkan dan Ridwan Kamil menjadi salah satu nama yang dipertimbangkan.

“Ada yang internal, ada yang eksternal. Internal kan nama-namanya sudah disebut oleh Pak Riza,” ujar Muzani.

“Ya (Ridwan Kamil dipertimbangkan),” pungkasnya.

Sebelumnya diketahui, Partai Golongan Karya (Golkar) digadang-gadang bakal mengusung dua nama calon gubernur (cagub) untuk Pilkada DKI Jakarta, yaitu mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Ahmed Zaki.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Golkar Dave Laksono membenarkan rencana pengusungan kedua nama itu. Tetapi kata dia, kedua nama tersebut masih akan dievaluasi kembali dalam waktu dekat.

“Kalau untuk Pilkada DKI sama, yang kita keluarkan itu kan ada dua nama, Zaki sama Ridwan Kamil. Soal putusan kemarin kita kan evaluasi ulang,” katanya kepada Forum Keadilan, Selasa 12/3/2024.

Dave menjelaskan, tidak hanya cagub, sebagaimana dikatakan oleh Ketua Umum (Ketum) Golkar Airlangga Hartarto, pihaknya telah menerbitkan 1.040 penugasan untuk menyongsong Pilkada 2024. Kata Dave, semua nama nantinya akan dievaluasi dan dilihat siapa yang akan maju ke Pilkada 2024.

Sedangkan soal cagub DKI Jakarta, Dave mengaku, dari dua nama tersebut belum bisa ditentukan. Apalagi, Ridwan Kamil saat ini memiliki banyak opsi. Bahkan menurut Dave, bisa Ridwan Kamil masuk ke dalam jajaran Kabinet Presiden 2024.

“Kita lihatlah saja nanti perkembangannya akan seperti apa, karena Ridwan Kamil memiliki beberapa opsi, diantaranya kembali ke Jawa Barat, ikut Jakarta, atau juga bisa jadi ditarik ke kabinet nantinya,” ujarnya.*